dada kiri sakit seperti di tusuk saat mengambil nafas dalam

R Info Penanya: R, Pria, 2019 Tahun
dada sebelah kiri saya seperti ditusuk-tusuk saat mengambil nafas dalam dalam.Umur saya 16
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R

Dada yang sakit sebelah kiri terutama saat menarik nafas dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti radang nyeri otot/myalgia, radang akibat infeksi paru dan selaput paru (pleuritis) dan penyakit jantung koroner.

Pada nyeri akibat radang otot/myalgia biasanya tercetus saat melakukan aktivitas atau trauma, nyeri memberat saat menarik dan menghembus nafas atau saat menggerakkan otot dada. Untuk menghilangkan nyeri tersebut dapat dilakukan dengan kompress es atau krim otot yang dingin mengandung menthol. 

Sakit dada lain juga dicetuskan oleh peradangan infeksi paru (pneumonia) atau selaput paru (pleuritis), nyeri biasa di pengaruh aktivitas menafas, terkadang disertai sesak nafas, batuk, demam. 

Sakit dada kiri juga terjadi akibat penyempitan pembuluh jantung koroner, biasanya nyeri disertai sesak nafas, berdebar. Pada nyeri jantung koroner biasanya tercetus akibat memiliki kebiasaan merokok, alkohol, penyakit diabetes, kolesterol tinggi dan kegemukan.

Saya sarankan untuk istirahat selama sakit dada timbul, hindari rokok, hindari stress, kompress dengan es. Jika nyeri menetap segera konsultasi dengan dokter umum dahulu untuk menentukan sumber sakit dada untuk selanjutnya di rujuk ke dokter spesialis. 

Salam Sehat

dr. Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pneumonia pada anak perlu dikenali gejalanya sejak dini, sebelum bertambah parah

Kenali Gejala Pneumonia pada Anak dan Cara Mencegahnya Berikut Ini

Pneumonia pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang serupa dengan penyakit lain sehingga tidak dikenali.