Penyebab dada terasa dingin

SO Info Penanya: SO, Wanita
Hallo dok, ini dada saya tertiba ngerasa dingin.. Kaya ada semburan gas dingin dr perut menjalar ke dada..sempet sebulan lalu juga pernah kejadian kaya gini (disebabkan asam lambung naik) tapi kali ini tidak ada rasa tidak nyaman dibagian lambung.. Tak ada gejala lainnya..kira2 ini sakit apa ya dok? Dan apa yg bs saya lakukan untuk menghilangkan rasa ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dada yang terasa dingin adalah suatu kondisi dimana munculnya sensasi dingin di area dada yang bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti meningkatnya asam lambung, kekakuan pada otot-otot pernapasan di dada, kelelahan, stress, efek dari makanan dan minuman dingin yang dikonsumsi, dan bisa karena infeksi paru-paru ataupun karena penyakit jantung. Biasanya gejala ini disertai dengan mual, muntah, kembung, dan juga nyeri ulu hati.

Untuk itu, perlu diketahui penyebab pastinya dengan cara pemeriksaan langsung ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti laboratorium, USG, rontgen, dan juga rekam jantung. Untuk meredakan gejala tersebut, Anda bisa melakukan tips berikut ini yaitu beristirahat yang cukup, makan makanan yang begizi, hindari makanan yang pedas dan asam, makan yang teratur, hindari merokok dan minum alkohol yang berlebih, olahraga ringan yang teratur untuk melatih otot pernapasan Anda, dan hindari stres. Lalu, jika Anda sudah pernah mengkonsumsi obat lambung sebelumnya, Anda bisa meneruskan untuk mengkonsumsinya sementara ini waktu. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik atau GERD dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung asam dan lemak yang tinggi

Cegah GERD dengan Makanan untuk Penderita Asam Lambung Naik

Asam lambung naik atau GERD dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung asam dan lemak yang tinggi. Anda dapat mengonsumsi sayur, jahe, oatmeal, putih telur, buah yang tidak mengandung asam, atau makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan agar terhindari dari asam lambung naik.