dada dan punggung terasa di tekan disertai nafas terasa terhenti

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
dok saya ingin bertanya...kenapaya dada dan punggung saya terasa di tekan...sehingga napas saya terasa terhenti...mohon infonya dok...terimakasi sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ES

Rasa dada dan punggung tertekan disertai nafas terasa berat terhenti dapat menjadi tanda gangguan pada penyakit jantung koroner. Biasaya akibat penyempitan pembuluh darah jantung koroner seseorang akan merasa nafas berat disertai nyeri dada seperti tertimpa dan tembus ke punggung belakang. Faktor resiko gangguan ini diantaranya kegemukan, kurang olahraga, kebiasaan merokok, darah tinggi, penyakit diabetes, terlalu sering makan berlemak dan riwayat dalam keluarga dengan serangan jantung.

Jika keluhan ini timbul sebaiknya anda segera istirahat, jika menetap setelah istirahat sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke Instalasi gawat darurat untuk bertemu dokter dan melakukan rekam jantung elektrokardiogram, keluhan anda ini dapat menjadi tanda akan datangnya serangan jantung.

Jika keluhan ini sudah sering terjadi anda harus segera melakukan pola hidup sehat dengan menghindari alkohol dan rokok, mengatur pola diet rendah lemak, melakukan aktifitas olahraga dan menurunkan berat badan jika gemuk. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri penyakit jantung koroner tidak sulit untuk dideteksi

Sadari Ciri Penyakit Jantung Koroner Sejak Awal

Jangan khawatir, ciri penyakit jantung koroner ini tidak sulit untuk dideteksi dan dapat dikenali sejak awal, namun terkadang tidak terlihat jelas oleh penderitanya sehingga penderita mengalami stroke, serangan jantung bahkan gagal jantung. Ciri penyakit jantung awal yang paling umum adalah angina.