08 Feb 2021, 23:37Penyakit Lainnya

Dada anak menjorok ke dalam apa sebabnya?

M
Info Penanya: M0
Malam dok saya mau tanya anak saya SD kls 4 ada kelainan dada dok menjorok ke dlm itu saya gmn ya dok saya blm prnh konsultasi sama dokter dr bayi kata bidan tidak apa2 dok tp saya kuwatir dok.
439 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang MNDada yang menjorok ke dalam disebut dengan Pectus excavatum dalam istilah kedoktera. Kondisi ini sering dialami oleh pria dibandingkan wanita. Penyebabnya adalah pertumbuhan jaringan ikat penghubung tulang rusuk dan tulang dada yang kuat. Hal ini bisa dialami sejak masih dalam kandungan dan berkembang setelah kelahiran.

Penyebab Dada Menjorok Ke Dalam

Penyebab dada yang menjorok ke dalam ini belum dapat diketahui secara pasti. Para ahli mengatakan kemungkinannya disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Beberapa kondisi yang disbebakan oleh kelainan genetik antara lain:
  • Sindrom Marfan
  • Sindrom Ehlers-Danlos
  • Osteogenesis imperfekta
  • Sindrom Noonan
  • Sindrom Turner 
Pada dasarnya dada yang menjorok ke dalam pada kondisi yang ringan tidak menimbulkan hal yang berbahaya, tetapi pada keadaan yang berat dapat menimbulkan berbagai gangguan akibat tekanan pada organ-organ di dalamnya seperti jantung dan paru. Gangguan tersebut dapat ditandai dengan gejala seperti:
Tidak ada salahnya untuk memeriskakan anak anda ke dokter spesialis tulang (orthopedi). Setelah dilakukan pemeriksaan dokter dapat menyarankan beberapa cara untuk menangani kondisi pada anak anda sebelum terlambat.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
infeksi saluran pernapasanpenyakit tulangsindrom turnerotot dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil