Dada sesak pada anak apa penyebabnya?

DM Info Penanya: DM
Assalamualaikum dok anak saya 5,5th,,sring ngluh ampek dan suka nguap dok,,udah dileb ktanya ada bakteri,,kira2 obatnya apa yadok,,trimakasih,,wassalam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DM,

Sesak napas pada anak adalah ditandai dengan frekuensi napas yang cepat, adanya tarikan pada dada, leher, perut anak, bisa ada hidung yang kembang kempis, bibir dan kuku yang kebiruan ataupun juga bisa disertai suara napas tambahan baik seperti banyak lendir ataupun suara mengi.

Pemicu sesak pada anak bisa beragam seperti:

  • Asma
  • Infeksi saluran napas seperti pneumonia baik karena bakteri, virus, atau jamur
  • Infeksi spesifik seperti tuberkulosis paru
  • Kelainan jantung
  • Gangguan pencernaan

Untuk itu perlu perhatikan apa pemicu anak sesak, jika terlihat tanda sesak yang disebutkan sebelumnya diatas perlu segera membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Jika sebelumnya ada infeksi saluran napas karena bakteri, maka perlu ikuti pengobatan yang diperlukan seperti misalnya jika diberikan obat antibiotik. Jika masih sering kambuh, perlu periksakan pada dokter spesialis anak agar kembali di evaluasi apa yang menjadi penyebabnya.

Upayakan juga hindari pemicu sesak seperti debu, udara dingin, bulu binatang, asap rokok, makanan dan minuman pemicu seperti yang manis dan dingin, dan pemicu sesak lainnya. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan tambahan juga jika perlu seperti foto rontgen ataupun pemeriksaan lain sebelum diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat sesak napas tersedia dalam bentuk alami dan obat-obatan di apotek atau resep dokter

Ini Jenis Obat Sesak Napas yang Bisa Anda Pilih

Obat sesak napas dapat dibeli di apotek dengan atau tanpa resep dokter. Namun sebelumnya, Anda dapat mencoba gerakan sederhana untuk melegakan jalan napas.