05 Oct 2020, 11:02Perut

Rasa berat di dada dan lemas

NA
Info Penanya: NA0
Dok, beberapa kali saya mengalami, dada berat, badan lemas, rasa kesemutan seluruh tubuh, dan akhir2 ini juga berasa mual, dan perut seperti kosong aja padahal sudah makan. Kira2 kenapa ya dok? lalu bagaimana mengatasinya?
1599 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam NA,Keluhan yang dialami adalah gejala yang bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, ataupun penyebab lainnya. Beberapa hal yang sering menjadi penyebabnya salah satunya adalah penyakit asam lambung atau GERD. 

Ciri asam lambung naik

Gejala penyakit asam lambung atau GERD sendiri diantaranya adalah:
  • Rasa tidak nyaman di dada seperti terbakar
  • Sendawa
  • Mual
  • Kesemutan di sekitar dada 
  • Kesulitan menelan
  • Rasa tidak nyaman terutama setelah makan
  • Bau napas tidak napas
  • Batuk 
Untuk mengatasi keluhan yang terjadi bisa dilakukan beberapa cara seperti menjaga pola makan, menjaga asupan makan agar tidak mengiritasi lambung seperti makanan pedas, makanan berminyak, makanan bersantan, ataupun minuman yang mengandung kafein. Minum obat maag seperti parasetamol sebelum makan tiga kali sehari dan hindari merebahkan diri 1 jam sampai 2 jam setelah makan.Jika tetap sering kambuh, perhatikan faktor risiko apa yang bisa membuat GERD kambuh. Kondisi ini juga perlu diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan, karena bisa juga keluhan yang timbul disebabkan oleh luka atau tukak lambung. Nantinya perlu juga dilakukan pemeriksaan untuk menyingkirkan kemungkinan lain seperti masalah jantung ataupun pernapasan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P. 
asam lambunggerdsesak napassakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil