Apa itu cyclo progynova?

HI Info Penanya: HI
Dok say konsumsi cyclo progynova tapi saya juga mengkonsumsi obat diet herbal, apakah obat diet akan mempengaruhi cycli progynova dok? Jika iya bagaimana aturan mengkonsomsi kedua obat ini secada bersamaan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Cyclo progynova adalah obat yang digunakan sebagai terapi pengganti hormon pada wanita. Obat ini digunakan untuk wanita-wanita yang sudah mengalami menopause dan obat ini berisi estradiol dan norggestrel. Tujuan penggunaan obat ini adalah untuk meredakan gejala menopause pada wanita, mencegah osteoporosis pascamenopause, mengatasi kekuarangan hormon, melancarkan siklus haid, dan mencegah terjadinya menopause dini. Dalam pemakaian obat ini, harus dipastikan bahwa tidak ada kehamilan dan dosis penggunaan obat harus sesuai dengan petunjuk dokter. Obat ini harus dihindari pemakaiannya secara bersamaan dengan obat anti kejang seperti carbamazepine, phenytoin, phenobartbital; serta obat antibiotik, karena obat cyclo progynova akan berkurang efektivitasnya jika dikonsumsi secara bersamaan dengan obat-obatan diatas.

Obat diet herbal memiliki bermacam-macam jenis dan tidak semua obat diet herbal baik dikonsumsi. Untuk itu, sebelum Anda mengkonsumsi obat diet herbal, ada baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah obat diet tersebut sudah diteliti kandungannya atau belum, lalu apakah sudah disertifikasi oleh BPOM atau tidak, dan terutama apakah ada efek samping dari obat diet tersebut. Karena pada umumnya obat diet memiliki efek samping pada fungsi hati dan ginjal.

Untuk itu, sebelum Anda terlanjur mengkonsumsinya, saya sarankan untuk Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai obat diet tersebut. Apakah aman dikonsumsi atau tidak. Sehingga Anda pun bisa dengan tenang mengkonsumsi kedua (obat diet dan cyclo progynova) obat ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski ukurannya kecil, manfaat kacang kedelai ternyata besar bagi kesehatan

Manfaat Kacang Kedelai Tak Hanya Kurangi Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat kacang kedelai bukan hanya sebagai sumber protein yang baik bagi para vegetarian. Kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif di dalamnya juga berperan dalam pencegahan penyakit. Konsumsi kacang kedelai pun memiliki banyak manfaat bagi wanita usia menopause.