Perdarahan saat melakukan hubungan seksual, apa penyebabnya?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 23 Tahun
dok saya mau tanya ..saya berhubungan dengan pcr saya tapi saya blm haid .. tapi saat berhubungan sperma d keluarkan d dalem .. waktu itu jg mncul bercak merah .. itu knp ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hubungan seksual merupakan suatu kegiatan yang wajar dilakukan oleh pasangan suami istri, terurtama bagi apsangan suami istri yang menginginkan keturunan. Oleh sebab itu, tidak sedikit pula pasangan suami istri yang menjalani program hamil. Terjadinya perdarahan ketika sedang melakuknan hubungan seksual bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari yang bisa sembuh dengan sendirinya hingga yang membuthkan penanganan medis.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan perdarahan saat melakukan hubungan seksual adalah:

  • Kekeringan vagina karena kurangnya pelumas alami, karena tidak melakukan foreplay
  • Adanya cedera saat melakukan hubungan seksual
  • Robeknya selaput dara
  • Polip vagina
  • Kanker vagina
  • Radang pada vagina
  • Radang pada serviks (servicitis)
  • Radang panggul
  • Adanya infeksi menular seksual

Apabila dilakukan hubungan seksual dengan sperma dikeluarkan di dalam vagina, maka kemungkinan bisa terdi pembuahan sehingga menyebabkan kehamilan. Apabila siklus haid Anda mengalami keterlambatan, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk mengetahui apakah Anda hamil ataukah tidak. 

Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari perdarahan yang muncul, selain itu dokter bisa melakukan pemeriksaan USG kehamilan utuk mendeteksi adanya kehamilan. 

Usahakan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, hindari stres, berisktirahatlah dengan cukup dan rutin melakukan olahraga sehingga Anda tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DA
16 Aug 2020, 21:36
tapi saya belum pernah haid sama sekali dok .. baru pertama kali itu keluar darah dr vagina .. bercak merah terus kecoklatan ...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 Aug 2020, 08:36
Selamat pagi, DA.
Keadaan tersebut bisa juga terjadi karena adanya luka atau adanya bagian vagina yang terkoyak pada saat hubungan badan. Untuk memastikannya perlu diperiksakan lebih lanjut ya.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan pernah menyelewengkan pengunaan obat "tidur", selain bisa dijerat pasal hukum, akibatnya bisa fatal.

Perbedaan Obat Perangsang Wanita dan Obat "Tidur"

Ada perbedaan besar antara obat perangsang wanita dan juga obat “tidur”. Seringkali, obat “tidur” ini disalahgunakan untuk hal yang tak baik. Seperti apa efek dan gejalanya?