Cuping telinga berlubang dan berbau busuk apa penyebabnya?

CT Info Penanya: CT, Wanita, 24 Tahun
Dok, saya punya cuping telinga bagian kanan berlubangKadang di bagian telinga yang berlubang itu sering gatal, dan saya menggaruk nyaTpi setelah saya menggaruk nya, dia mengeluarkan bau cairan tak sedap dokSeperti bau nanah gitu dokDan sekarang bagian cuping telinga saya yg berlubang itu bengkak dokKira² apa penyebab nya ya dok ???Dan ada efek nya tak ???Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CT,

Daun telinga yang berlubang bisa saja disebabkan oleh bekas tindikan anting-anting, atau adanya bekas luka yang proses penyembuhannya tidak baik. Bila lubang ini sering digaruk-garuk, maka akan menimbulkan iritasi, lecet yang pada akhirnya bisa terinfeksi bakteri dan menimbulkan cairan yang berbau busuk.

Adanya bagian yang bengkak dan bernanah menunjukkan adanya proses infeksi, dan ada nanah yang terkumpul di dalamnya yang biasanya butuh dilakukan tindakan untuk mengeluarkan nanahnya.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi daun telinga yang bengkak tersebut adalah:

  • Kompres bagian yang bengkak menggunakan air hangat.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Bagian yang bengkak jangan dipegang-pegang agar tidak mengeras.
  • Hindari memecahkan nanahnya. Namun bila tidak sengaja nanahnya sudah pecah, maka nanahnya harus sekalian ditekan keluar agar bisa bersih, kemudian bilas dengan air dan dilap kering kemudian diplester agar tidak terkena debu.

Bila bengkak semakin besar dan sering mengeluarkan bau busuk, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan melakukan sayatan kecil untuk mengeluarkan nanahnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lansia kerap mengalami gangguan pendengaran berupa telinga berdenging atau tinnitus

Penyebab Telinga Berdenging Kerap Ganggu Kesehatan Lansia

Gangguan pendengaran yang umum mengganggu kesehatan lansia adalah telinga berdenging, atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan tinnitus. Cara mengatasi telinga berdengung biasanya dokter melakukan tahap awal dengan melakukan pemeriksaan pembuluh darah dan membersihkan telinga.