17 Nov 2020, 20:39Kepala

Hasil CT scan ada massa di otak, apa maksudnya?

HP
Info Penanya: HP0
selamat malam dok saya mau tanya apa hasil dari ct scan ini. tidak tampak kelainan pada jaringan lunak tidak tampak kelainan pada tulang tulang kepala sinus paranasalis cerah concha nasalis tidak tampak menebal os mastoid cerah sulsi menyempit fissura sylvii menyempit lobus parientalis kiri puncak kepala pada meningen tampak tampak massa padat besar berukuran 5.462x4.131x4.047cm dengan efek desak ruang menekal ventrikel lateralis kanan sistim ventrikel tidak tampak melebar midene di tengah. kesan . massa lobus parientalis kiri puncak kepala suspek meningioma dengan suspek oedem cerebri ?apa artinya dok trima kasih.
2058 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, HTerima kasih atas pertanyaan AndaCT scan adalah salah satu pemeriksaan penunjang  medis yang menggunakan komputer dan sinar X dengan tujuan untuk memberikan hasil gambar yang lebih detail dibandingkan dengan hasil foto sinar X (rontgen) biasa. Pemeriksaan CT scan ini bisa memperlihatkan kondisi jaringan lunak, tulang dan pembuluh darah pada bagian tubuh yang dilakukan pemeriksaan. Karena pemeriksaan CT scan merupakan pemeriksaan penunjang radiologis, maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter dalam menegakkan diagnosa. Adanya massa padat pada otak yang ditemukan dari hasil CT scan salah satunya disebabkan oleh tumor otak merupakan adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada otak. Kondisi tumor otak ini bisa terjadi karena pertumbuhan yang berasal dari sel otak maupun karna adanya sel kanker yang mneyebar ke otak. Tindakan terapi dan pengobatan yang dilakukan pun bergantung pada lokasi dan jenis tumor otak.

Adapun beberapa jenis dari tumor otak adalah:

  • Menigioma, yaitu suatu tumor otak yang terdapat pada selaput yang mengelilingi otak (meninges)
  • Glioblastoma
  • Astrositoma
  • Ependimoma
  • Gilioma
  • Dan lain sebagainya
Terkait dengan pertanyaan Anda, kesimpulan hasil CT scan Anda yaitu oedem cerebri yang merupakan adanya pembengkakan pada sel-sel otak. Hal ini terjadi bisa dikarenakan oleh beberapa kondisi terkait dengan kesehatan otak dan sekitar maupun karena massa otak seperti yang telah diuraikan di atas. Apabila sudah dilakukan pemeriksan CT scan dan didapatkan hasil tersebut alangkah baiknya segera kunjungi dokter spesialis bedah saraf terdekat dari lokasi Anda. Hal ini bertujuan untuk melakukan wawancara medis dan serangkaian pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan patologi anatomi dan lain sebagainya bilamana diperlukan untuk membantu menegakkan diagnosa. Sehingga akan mendapatkan tatalaksana yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan otakpenyakit otaktumor otak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil