Wajah terasa panas setelah menggunakan suatu produk

AN Info Penanya: AN
Selamat dok, saya 2 hari ini mencoba menggunakan produk Cusson Baby Cream Mild and Gentle (warna biru) sebagai moisturizer pada wajah saya. Setelah diaplikasikan wajah terasa panas untuk beberapa menit lalu kembali normal. Apakah gejala tersebut normal atau harus dihentikan penggunaannya ya dok? Untuk tipe kulit saya oily acne prone skin.Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AN.

Cussons Baby Mild and Gentle Cream adalah suatu produk yang difungsikan untuk bokong bayi (apabila ada ruam popok), atau lipatan tubuh lainnya. Pada cara penggunaan yang tertera di situs resmi produk tersebut, tidak ada instruksi untuk menggunakan produk ini di wajah. Pasalnya, kulit wajah dan kulit tubuh lain memiliki tekstur yang berbeda.

Oleh karena itu, wajah panas yang Anda rasakan bisa jadi adalah reaksi alergi atau iritasi terhadap salah satu kandungan produk tersebut. Akan lebih baik apabila Anda menghentikan produk ini, dan beralih kepada produk lain yang memang difungsikan untuk wajah dan usia Anda. 

Apabila produk yang tidak sesuai untuk wajah digunakan secara berkepanjangan, kulit bisa menjadi meradang, yang dalam dunia medis disebut sebagai dermatitis kontak. Beberapa gejalanya adalah:

  • Muncul ruam-ruam atau jerawat
  • Terasa gatal 
  • Kulit tampak kering dan bersisik
  • Apabila parah, wajah bisa tampak membengkak

Jadi, gunakan produk yang sesuai, ya. Selain itu, jaga kesehatan kulit dari dalam juga, dengan cara mengonsumsi makanan kaya antioksidan, misalnya buah berry. Minum air putih yang cukup, dan lakukan olahraga rutin agar peredaran darah lancar dan wajah cerah alami. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, 
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Siku hitam terjadi akibat penumpukan sel kulit mati

Siku Hitam Bikin Harimu Kelam? Intip 8 Cara Mencerahkannya

Siku hitam akibat penumpukan kulit mati memang mengganggu penampilan. Namun Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah, seperti lidah buaya, kunyit, dan kentang.