Hasil rapid tes COVID 19

GN Info Penanya: GN
Halo dok..slmt pagi.Pd rapid test pertama, hslnya IgM non-reaktif IgG non-reaktif. Sedangkan rapid test kedua (sy sdg dlm kondisi diare..kemungkinan keracunan makanan krn seisi rumah mengalami).. hasilnya IgM reaktif dan IgG non-reaktif, kemudian sy lsngsung melakukan test Swab pd hari yg sama.Saat ini sy sdg menunggu hasil test swab tersebut (2 hr y.l).Tanya :Apakah test swab yg dilakukan scr lsngsung stlh rapid test dgn hasil tersebut..otomatis akan juga + hasilnya ?? Tks dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GNK,

Rapid test Covid 19 adalah pemeriksaan yang mendeteksi adanya antibodi, antigen ataupun total antibodi yang terbentuk dari infeksi virus Sars-Cov 19 atau virus corona. Pada pemeriksaan antibodi dapat mendeteksi adanya antibodi IgM dan IgG, dimana IgM adalah antibodi yang menandakan adanya infeksi akut yang sedang terjadi, sedangkan IgG adalah menandakan infeksi sudah terjadi dan tubuh sudah merekam atau mengingat apabila pernah terpapar sebelumnya.

Jika saat dilakukan rapid test dan didapatkan hasil IgM reaktif bisa menandakan adanya infeksi yang sedang terjadi tetapi untuk memastikan apakah terinfeksi corona atau tidak, perlu dipastikan dengan pemeriksaan swab test. Jika hasil rapid test reaktif tidak selalu pasti akan positif hasil swab testnya, tetap ada kemungkinan tes swab bisa negatif jika tidak ada infeksi corona virus dan hasil swab bisa reaktif karena beberapa faktor lain atau hasilnya disebut positif palsu. 

Selama menunggu hasil swab tetap menjaga protokol kesehatan, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Selalu gunakan masker baik dirumah
  • Terapkan pembatasan sosial dan pembatasan fisik dengan orang serumah
  • Jika batuk atau bersin, terapkan etika batuk dan bersin yang baik
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih sering
  • Jika timbul gejala bisa periksakan pada fasilitas kesehatan terdekat
  • Jaga kondisi tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur pembuatan hand sanitizer sendiri di rumah, dianggap sangat rumit.

Apakah Hand Sanitizer Buatan Sendiri Aman untuk Kulit?

Keberadaan penyakit virus corona atau Covid-19 memaksa sebagian masyarakat memproduksi hand sanitizer-nya sendiri. Namun, apakah bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya sudah terbukti aman untuk kulit?