Apakah bayi 1 tahun 2 bulan bisa terpapar covid-19?

BS Info Penanya: BS, Pria
Hi Dok, apakah bayi usia 1 tahun 2 bulan bisa terpapar covid19 ?.. Jika ibunya positif covid19 dan bayi dalam masa menyusui...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BS.

Ibu menyusui yang positif COVID-19 dapat menularkan penyakit tersebut kepada bayinya. Penularan bisa terjadi apabila ibu batuk, bicara, atau bersin, dan percikannya terhirup oleh bayi. Atau, apabila tangan ibu yang terkena percikan menyentuh suatu benda, misalnya payudara atau botol susu, yang kemudian terhirup oleh bayi, maka penularan juga dapat terjadi. 

Untuk penularan melalui ASI yang mengalir, sampai saat ini belum ada studi ilmiah yang cukup untuk menyatakan apakah COVID-19 bisa menular melalui ASI atau tidak. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa yang pasti dapat menyebabkan penularan adalah percikan dahak atau bersin, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Apabila ibu tetap ingin menyusui, sebaiknya lakukan proteksi tambahan, yaitu dengan menggunakan masker saat proses menyusui, dan saat berada dekat dengan bayi. Tahan keinginan untuk mencium bayi, hindari dulu untuk sementara waktu,ya. Lalu, seringlah mencuci tangan, terutama sebelum menyusui atau memerah ASI.

Apabila ibu merasa enggan menyusui karena takut menularkan, pemberian susu formula beserta MPASI yang bergizi dapat dipertimbangkan, mengingat usia bayi sudah 1 tahun 2 bulan. Untuk informasi lebih lanjut terkait pemberian gizi anak, berkonsultasilah kepada dokter spesialis anak, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan rapid test dan pemeriksaan swab untuk virus corona salah satunya adalah tingkat akurasinya

Rapid Test Corona Tidak Sama dengan Pemeriksaan Swab, Ini Penjelasannya

Rapid test dan pemeriksaan swab memang sama-sama bertujuan untuk mendeteksi virus corona. Namun ternyata, keduanya memilki perbedaan mendasar. Rapid test tidak bisa dijadikan acuan diagnosis COVID-19, sedangkan pemeriksaan swab bisa. Mengapa begitu?