COVID-19 tidak terlalu berbahaya, benarkah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok, apakah benar corona tidak berbahaya dan gejalanya menyerupai influenza yang biasa terjadi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Virus corona merupakan kumpulan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini masih satu jenis dengan virus yang menyebabkan wabah penyakit SARS dan MERS. Virus yang sedang mewabah saat ini adalah jenis virus yang baru yang bernama COVID 19. Gejala dari infeksi virus COVID-19 ini, yaitu demam, batuk, dan sesak nafas. Gejalanya hampir sama dengan penyakit SARS dan MERS. Hanya saja COVID-19 tingkat kematiannya masih lebih rendah dibanding tingkat kematian penyakit SARS dan MERS. Rata-rata pasien yang meninggal merupakan pasien yang sudah lansia, pasien dengan autoimun, dan pasien yang sedang menderita penyakit tertentu. 

Walaupun tingkat kematiannya rendah, Anda wajib waspada terhadap penyakit ini. Sebaiknya, lakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terkena infeksi COVID-19. Ada 5 cara yang dianjurkan oleh Kemenkes RI untuk mencegah virus corona.

Cara mencegah virus corona, yaitu:

  • Meningkatkan perilaku dan pengetahuan masyarakat.
  • Melakukan pola hidup sehat dan bersih dengan cara cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, makan makanan dengan gizi seimbang, melakukan olahraga, istirahat yang cukup, dan berobat ke RS jika sakit.
  • Meningkatkan kewaspadaan masyarakat yang ingin pergi ke China.
  • Meningkatkan penjagaan pintu masuk negara  baik lewat darat, laut, dan udara.
  • Memperbanyak pelayanan kesehatan dengan mempersiapkan 100 RS sebagai RS rujukan untuk penyakit ini.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Protokol kesehatan untuk penanganan corona ada yang untuk orang sakit maupun tidak

Ikuti Protokol Penanganan Corona Ini, Jangan Langsung ke RS Rujukan

Protokol penanganan corona perlu diikuti agar alur pemeriksaan maupun kondisi di fasilitas kesehatan bisa tetap kondusif, seiring naiknya angka infeksi COVID-19. Di protokol ini, Anda akan dibimbing untuk menjalani langkah-langkah yang diperlukan, baik saat muncul gejala maupun tidak.