29 Jun 2021, 15:06Pernapasan

Covid-19 gejalanya seperti apa?

RS
Info Penanya: RS0
Halo dok, sejak hari kamis minggu lalu saya mengalami sakit panas dan kaki terasa pegal semua. Pada hari minggu rasa sakit pada kaki dan panas saya sudah hilang, akan tetapi terkadang tubuh saya panas lagi dan sembuh lagi dengan sendirinya serta sudah bisa berkeringat. Lalu, minggu malam saya justru tidak bisa mencium bau dan merasakan makanan meskipun terkadang masih bisa mencium sedikit aroma bau yang kuat seperti minyak terapi hingga hariini. Pertanyaan saya apakah saya mengidap gejala Covid?
144 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,keluhan demam, pegal, hingga hilang penciuman dan perasa, memang dapat disebabkan oleh infeksi virus corona. Hilangnya kemampuan menghirup bau disebut juga dengan istilah anosmia dan keluhan ini adalah ciri khas dari penyakit infeksi virus COVID meskipun bukan berarti setiap gejala anosmia sudah pasti disebabkan oleh infeksi virus COVID.

Memastikan infeksi covid

Anosmia juga dapat terjadi karena penyakit rhinitis, sinusitis, atau penyakit hidung lainnya, untuk itu guna memastikan penyebab keluhan Anda sebaiknya lakukan pemeriksaan rapid test antigen atau pemeriksaan PCR agar jika keluhan memang disebabkan oleh virus covid dan hasil tes positif, keluhan dapat segera ditangani dengan sesuai.Selain melakukan tes untuk memastikan diagnosa, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengatasi anosmia, yaitu menghirup uap air hangat, banyak konsumsi makanan hangat, mnejaga suhu lingkungan tidak dingin atau menggunakan pakaian yang hangat, serta membuang ingus jika hidung berair. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan dokter THT jika ternyata hasil tes covid negatif, namun keluhan tidak kunjung membaik.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi virushidung tersumbatanosmia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil