17 Dec 2020, 12:33Pernapasan

Kenapa tes rapid reaktif berkali - kali namun tes swab tetap negatif ?

LH
Info Penanya: LH0
Maaf dok..mohon petunjuk. Awal bln agustus. Dikantor sy mlakukan rapidtes.. Setiap 14 hari sekali. Selama 3x hasil rapid tes sy NON REAKTIF. Msuk bulan SEPTEMBER tgl 15 rapid lg .hasilx jadi REAKTIF. . besokx sy langsung swap PCR hasilx NEGATIF..14 hari kemudian rapid lg. Hasilx ttp REAKTIF .. Akhirx swap PCR lg.. NEGATIF LG. Bulan NOVEMB rapid lg .. ReakTIF lg. SwapPCR lg tetap NEGATIF..14 hr kemudian rapid lg REAKTIF.. Sampai 15 desember rapid lg ttp REAKTIF.. SAmpai kapan reaktif terus y doc.
1001 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo L,Saya akan menjawab pertanyaan Anda.Virus corona telah menyebar ke seluruh dunia menyebabkan kelumpuhan ekonomi, kehilangan pekerjaan, kematian, ketakutan, hingga rasa kebosanan akan hidup berdampingan dengan corona. Perkembangan dan penyebaran virus yang terlalu cepat, dengan gejala yang berubah-ubah dan tidak sama di tiap orang membuat rancu penyebabnya.

Kenapa tes rapid reaktif berkali - kali namun tes swab tetap negatif ?

Tes rapid memiliki keakuratan yang lebih rendah dibanding tes swab. Tes rapid ini bisa positif karena infeksi virus yang lain atau infeksi terjadi sudah dalam waktu yang lama namun tetap terdeteksi secara terus menerus di dalam darah. Tes swab yang negatif juga belum tentu tidak terinfeksi corona, karena cara pengambilan yang salah, virus corona yang tidak cukup saat pengambilan sampel, atau karena trasportasi saat pengiriman sampel tidak baik, sehingga virus mati sebelum diperiksa. Bagi Anda yang sudah berkali-kali di rapid dan hasil tetap positif namun tes swab selalu negatif dapat juga disebabkan oleh virus corona yang telah sembuh di dalam diri Anda namun tetap dapat terdeteksi di darah. Oleh karena itu tes rapid selalu menunjukkan hasil yang reaktif.Virus corona merupakan virus baru yang masih butuh banyak penelitaian lagi termasuk untuk tahu berapa lama rapid tes Anda tetap reaktif meski Anda telah sembuh dari corona. Untuk itu, tetap patuhi protokol kesahatan dan selalu terapkan pola hidup yang sehat agar terhindari dari segala penyakit, virus, serta bakteri.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil