COVID 19 apa bisa periksa di rumah?

HP Info Penanya: HP, Pria, 21 Tahun
halo mau tanya cara booking dokter di sehatq.com gmna? untk pemeriksaan corona kerumah..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HP,

Corona atau COVID 19 merupakan salah satu penyakit yang saat ini sangat ditakuti karena proses penyebarannya yang cepat dan bisa mengakibatkan kematian.

Gejala yang sering muncul pada penderita infeksi corona adalah :

  • Demam di atas 38oC.
  • Batuk pilek.
  • Nyeri menelan.
  • Sesak napas.
  • Sakit kepala.
  • Badan linu-linu.

Tentunya semua gejala diatas tumpang tindih dengan gejala penyakit lainnya seperti ISPA, demam berdarah, demam typhoid, dan penyakit-penyakit lainnya.

Jadi saat ini yang bisa dilakukan adalah berusaha meningkatkan daya tahan tubuh dan melakukan usaha pencegahan dengan cara :

  1. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Bisa juga menggunakan hand sanitizer bila Anda sedang diluar rumah.
  2. Makan secara teratur dan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  3. Minum air putih yang banyak.
  4. Cukup tidur dan jangan bergadang.
  5. Gunakan masker atau tutup menggunakan tissue atau lengan atas baju bagian dalam ketika Anda sedang bersin atau batuk.
  6. Olahraga ringan secara teratur setiap hari.

Perihal pemeriksaan corona, hal tersebut harus dilakukan di Rumah Sakit yang sudah ditunjuk oleh pemerintah, jadi tidak bisa dilakukan tanpa ada indikasi medis yang jelas.

Anda bisa menghubungi 119 ext 9 bila ada keluhan yang mengarah ke infeksi corona untuk mendapat pengarahan lebih lanjut, atau bisa langsung melakukan percakapan dengan dokter kami di www.sehatq.com untuk deteksi dini risiko terinfeksi corona.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas saat hamil dapat terjadi dalam waktu tertentu

Apakah Sesak Napas Saat Hamil Berbahaya?

Sesak napas saat hamil biasanya bukanlah masalah serius. Namun ada kalanya kondisi ini memerlukan konsultasi dengan dokter. Pertama, ketahuilah penyebab sesak napas yang sering terjadi saat hamil dan tidak berbahaya, serta gejala lain yang perlu dikonsultasikan lebih lanjut.