Covid-19 bagaimana mendeteksinya?

DF Info Penanya: DF
Selamat Pagi Dok, saya Darul Fajri umur 24 tahun, saya ingin bertanya. Ditempat kerja saya sudah ada yg suspect covid-19. Bagaimana cara kita sebagai rekan kerja nya mengetahui kalo kita positif atau tidak nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DF,

COVID 19 atau infeksi corona memang menjadi penyakit yang sangat dicemaskan akhir-akhir ini, karena cara penularannya yang mudah, dan sudah mengakibatkan beberapa kasus kematian.

Pada infeksi corona akan ditemukan gejala berupa demam diatas 38oC, batuk, pilek, nyeri menelan, hingga sesak napas yang dapat berakhir dengan gagal napas dan kematian.

Bila saat ini teman kerja Anda sudah dinyatakan suspect COVID 19, maka yang bisa Anda lakukan hanya melakukan pencegahan dan berusaha meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan :

  • Usahakan jangan berpergian keluar rumah, kecuali ada kebutuhan mendesak.
  • Gunakan masker saat beraktivitas diluar rumah.
  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Bila tidak tersedia sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.
  • Ketika batuk atau bersin, tutup menggunakan tissue atau lengan atas baju bagian dalam, jangan ditutup menggunakan telapak tangan langsung.
  • Minum vitamin C secara teratur.
  • Cukup tidur, dan jangan bergadang.
  • Lakukan olahraga ringan setiap hari.

Bila ada gejala ringan, usahakan diam di rumah dan minum obat yang bisa dibeli bebas di apotek. Bila ada gejala demam tinggi dan sesak napas, maka lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit dan pastikan menggunakan masker selama perjalanan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara cuci tangan sebelum makan yang tepat, ternyata bisa menjauhkan Anda dair virus Corona.

7 Cara Cuci Tangan Sebelum Makan untuk Antisipasi Virus Corona

Salah satu langkah preventif untuk menghindari bahaya penyebaran virus Corona adalah dengan mencuci tangan sebelum makan dan melakukan aktivitas apapun. Namun sayang, tidak semua individu paham cara mencuci tangan yang tepat. Lantas bagaimana caranya?