18 Feb 2021, 11:57Infeksi

Tes PCR beda hasil kok bisa?

AR
Info Penanya: AR0
Dokter mau tanya. Sy positif covid pada awal Januari dengan hasil antigen positif nah sy isolasi mandiri selama hampir 2 minggu lebih. Setelah itu pada tgl 22 Januari 2021 sy cek dengan pcr dan hasilnya positif (ct sy 37 , indikator lab 40 , kurang 2 untuk negatif) lalu sy isolasi mandiri lg selama hampir 2 minggu lebih dan pada tgl 17 febuari 2021 sy tes pcr lg. Dan skrng tgl 18 hasilnya masih tetap positif dengan nilai ct rendah kurang dari 27 di lab yg berbeda. Knp ya dok?
724 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam ARInfeksi COVID-19 menjadi suatu pandemi yang memasuki Indonesia pada bulan Maret tahun 2020. Penularan COVID-19 sangatlah mudah dan cepat melalui percikan yang dikeluarkan oleh penderita saat batuk, bersin, berbicara, bernyanyi dan sebagainya.Masa inkubasi virus COVID-19 rata-rata 14 hari dan baru kemudian menimbulkan gejala. Tubuh sebenarnya memiliki sisitem pertahanan dan perlawanan terhadap virus sehingga dengan imunitas tubuh yang baik, infeksi virus dapat membaik dengan sendirinya. Lama dari penyembuhan juga berbeda-beda tergantung dari imunitas tubuh. Pada imunitasnya yang rendah atau pajanan yang sering virus dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan kerusakan jaringan paru hingga gagal nafas.

Tes PCR Berbeda Hasil

Tes PCR merupakan tes yang paling akurat di Indonesia sehingga menjadi tes diagnostik virus COVID-19. Nilai CT berbanding terbalik dengan jumlah virus. CT yang tinggi menunjukkan jumlah virus yang sedikit dan sebaliknya. Adanya perbedaan hasil PCR anda yang sekarang dan 2 minggu sebelumnya dapat disebabkan karena:
  • Indikator yang digunakan berbeda pada setiap lab
  • Pengambilan sample yang kurang tepat
  • Sample yang terkontaminasi
Tetap lakukan isolasi mandiri, patuhi protokol dan terapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hindari stres dan berolahraga rutin 3-4x seminggu serta konsumsi multivitamin secara rutin.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
infeksi virusimunitas turuncoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil