Batuk dan demam, apakah gejala virus corona?

JA Info Penanya: JA, Pria, 23 Tahun
Hallo dok , akhir-akhir ini saya sering begadang dan paginya kepala saya pusing dan badan saya terasa panas, hidung tersumbat serta batuk, sampai sekarang belum kunjung membaik, dan juga belakang ini saya sering mengalami perut sakit. Saya khawatir dengan kondisi fisik saya yang sekarang dok, apakah ada gejala virus Corona gak dok ?? Takutnya virus ini menyerang waktu kondisi fisik saya lemah.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JA,

Virus corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan dimana gejalanya memiliki gejala yang mirip dengan infeksi saluran pernapasan tetapi virus ini memiliki kemampuan penularan yang sangat cepat dan apabila menyerang orang yang lebih rentan seperti yang memiliki penyakit pemberat lain dapat menimbulkan gejala yang lebih berat.

Apabila saat ini mengalami demam, batuk, pilek dan nyeri perut kondisi ini tidak selalu disebabkan oleh virus corona. Karena bisa disebabkan oleh beragam gangguan pernapasan lain seperti infeksi saluran napas, radang tenggorokan, flu dan lainnya. 

Tetapi apabila memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri, ada riwayat kontak dengan orang dalam pemantauan atau pasien dalam pengawasan terkait infeksi corona virus maka perlu diwaspadai. Tetapi jika tidak bisa tetap waspada bisa konsumsi obat untuk meredakan gejala seperti mengonsumsi paracetamol untuk demam, obat batuk dan flu bebas seperti guanefesin dan chlorpheniramine maleat untuk gejala lainnya. 

Ada baiknya memeriksakan diri pada dokter apabila dalam 2 hari tidak ada perbaikan. Jangan lupa rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari banyak berinteraksi dengan orang lain, gunakan masker jika batuk dan bersin, serta terapkan etika batuk yang baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JA
17 Mar 2020, 12:11
Makasih banyak atas jawabannya dok , God bless !!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
17 Mar 2020, 14:51
Sama-sama, Terimakasih sudah bertanya di forum SehatQ.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak organ pernapasan manusia, dimulai dari hidung, hingga berakhir di diafragma.

Mengenali Organ Pernapasan Manusia Secara Lengkap dan Tepat

Organ pernapasan manusia tidak hanya paru-paru. Dimulai dari masuknya udara ke tubuh, organ seperti hidung, mulut, hingga trakea, juga masuk sebagai organ pernapasan. Tiap organ pun memiliki tugas tersendiri.