Apakah yang membuat seseorang merasa senang?

HF Info Penanya: HF, Wanita, 21 Tahun
Sore, dok. Saya ingin bertanya. Apa saja contoh situasi yang dapat menyebabkan orang menjadi senang dari faktor keluarga, faktor lingkungan sekitar, faktor sosial budaya, dan kepribadian? Terima kasih banyak sebelumnya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, HF

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Senang adalah sebuah perasaan yang menggambarkan suasana hati seseorang yang bersifat positif, bahagia, puas serta lega. Selain karena adanya suatu keadaan yang dapat membuat kita merasakan senang, di dalam tubuh kita terdapat beberapa hormon yang dapat membantu proses terjadinya rasa senang tersebut. Adapun salah satu diantaranya adalah, dopamin.

Dopamin merupakan suatu hormon dan neurotransmitter di dalam tubuh yang berkaitan dengan rasa senang. Dopamin bertugas sebagai neurotransmitter yang menyampaikan pesan antar sel saraf. Dopamin, serotonin, oksitosin dan endorfin sering di juluki sebagai happy hormones atau hormon kebahagiaan dikarenakan keberadaan mereka mempengaruhi kesenangan yang kita rasakan.

Terkait dengan pertanyaan Anda, faktor-faktor yang anda sebutkan tersebut berbeda-beda antara manusia satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Sebagai contoh, perasaan senang dari keluarga. Ada orang yang senang berkumpul dengan keluarga besar saat ada kesempatan untuk berkumpul, seperti lebaran, atau ada acara ulang tahun atau saat ada perkumpulan keluarga besar. Namun, ada juga yang merasa senang saat melakukan aktivitas seperti mencoba masakan baru bersama ibu. 

Oleh karena itu, jenis kepribadian seseorang sangat berpengaruh terhadap bagaimana orang tersebut merasa bahagia. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berikut cara menghilangkan sifat posesif agar hubungan makin dekaat

Cara Menghilangkan Sifat Posesif, Komunikasikan Sebelum Pasangan “Tak Betah”

Hanya ada batasan tipis antara rasa sayang dan perilaku posesif. Bahkan, bisa jadi pasangan yang bertindak posesif tidak sadar bahwa itu yang dilakukannya. Apa yang ada di pikirannya hanya ingin pasangan tetap menjadi miliknya seutuhnya. Jika ini yang terjadi, cara menghilangkan sifat posesif harus dilakukan meski sulit pada awalnya. Berikut langkah menghilangkan sifat posesif