Apakah terlambat menstruasi adalah tanda pasti dari kehamilan?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 24 Tahun
pagi dok saya terakhir menstruasi tanggal 15 meisaya coba tespek hasil negatiftapi kluar flek selama 2 harii sedikit" tapi kayak jelly warna coklat hitamtrus saya bawa ke bidan di tespek positifapakah saya hamil atau gak ya dok..tapi kalau saya tespek sendiri hasil negatif..untuk masalah flek apakah wajar..trimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Terlambatnya siklus menstruasi pada wanita memang salah satunya disebabkan oleh adanya kehamilan, namun selain itu terlambatnya siklus menstruasi juga bisa diakrenakan oleh beberapa kondisi. Adapun beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah stres, kelelahan, adanya masalah hormonal, obesitas, atau karena adanya masalah lain pada organ reproduksi wanita. Normalnya seorang wanita akan mempunyai siklus menstruasi 21 -35 hari. Siklus menstruasi wanita ini dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini sampai dengan hari pertama menstruasi pada periode menstruasi berikutnya. Mayoritas wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari. 

Adapun tanda pasti dari kehamilan yaitu:

  • Hasil pemeriksaan USG kehamilan yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis kandungan
  • Hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter / dokter spesialis kandungan
  • Hasil pemeriksaan tes kehamilan (melalui urin) bisa dilakukan secara mandiri mapun oleh tenaga kesehatan

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila terjadi perbedaan saat melakukan tes kehamilan, bisa dilakukan tes kembali dengan jeda 1 minggu kemudian. Namun, untuk dapat lebih memastikan sebaiknya lakukan pemeriksaan serta USG kehamilan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Sedangkan flek yang muncul, bisa merupakan perdarahan implantasi, atau bisa juga karena kondisi medis yang lainnya. 

Lakukanlah istirahat tirah baring, hindari melakukan aktifitas berat, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AD
26 Jul 2020, 07:52
Halo dok, Suami dan istri saya udah berbunganya badan 2 kali , saya belum mau dan ingin sekali ada jarak anak dari saat menikah, jika saat hubungan selesai namun sperma di keluarkan saat lepas dari vagina apakah bisa hamil dong? Yang saya pahami sperma tetep masuk (vagina) dari beberapa saat sebelum mengeluarkan di luar vagina
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Jul 2020, 08:39
Selamat pagi AD,
Baik, jika Anda dan pasangan belum siap untuk hamil, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi yang dapat menunda kehamilan seperti kondom, IUD, suntik KB, pil KB, atau metode kontrasepsi lainnya. Agar peluang terjadinya kehamilan bisa di cegah dengan lebih akurat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan cukup beragam, salah satunya daging mentah.

Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil 9 Bulan

Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan, harus menjadi perhatian bagi para wanita hamil. Meskipun makanan itu adalah favorit Anda, relakanlah untuk sementara waktu demi terjaganya kesehatan ibu hamil dan bayi.