CTEV atau clubfoot, kapan harus dibawa ke dokter?

RN Info Penanya: RN, Pria, 22 Tahun
Dok anak saya baru lahir 3 hari lalu Menurut saya anak saya bisa di bilang club foot ctevBagian telapak kaki keduanya saling berhadapan masuk kedalam Kapan waktu yang pas untuk berkonsultasi ya dok.Dan bagaimana sementara waktu saya menerapinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RN.

Clubfoot atau CTEV (Congenital Talipes Equino Varus) adalah sebuah kelainan bentuk bawaan yang terjadi pada kaki bayi. Pada kondisi ini, kaki bayi tampak seperti terkilir atau bengkok ke dalam. Clubfoot bisa terjadi pada satu atau kedua kaki. Kaki yang terkena akan lebih pendek daripada normalnya, dan tumit dan betis lebih kecil karena tendon lebih pendek.

Clubfoot lebih sering dialami oleh bayi laki-laki. Selain itu, gaya hidup ibu saat kehamilan, misalnya mengonsumsi obat-obat tertentu yang tidak diperkenankan saat kehamilan juga bisa memicu terjadinya kondisi ini. 

Jika bayi Anda mengalami clubfoot, sebaiknya Anda membawa bayi ke dokter spesialis orthopedi 1-2 minggu setelah kelahiran. Dokter akan melihat langsung dan melakukan radiologi jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis.

Apabila sudah terkonfirmasi CTEV, dokter akan melakukan metode manual untuk mengembalikan kaki bayi ke posisi normal, yang disebut metode Ponseti. Caranya adalah dengan meregangkan kaki bayi dan dikembalikan ke posisi seharusnya, lalu dipasang gips dari jari kaki ke paha secara bertahap. Bisa juga dilakukan metode French, yaitu memijat atau meregangkan kaki, kemudian mengikat dengan pita tidak elastis secara bertahap sampai usia dua tahun. Jika metode manual tidak memungkinkan, dokter mungkin akan menyarankan untuk operasi.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat, 
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telapak kaki panas bisa disebabkan karena kelelahan atau adanya penyakit tertentu

11 Penyebab Telapak Kaki Panas yang Harus Anda Waspadai

Telapak kaki panas disertai rasa sakit adalah gejala dari penyakit seperti nefropati, infeksi jamur, penyakit ginjal kronis, kekurangan hormon tiroid, HIV atau AIDS.