Closet duduk sebabkan susah BAB pasca melahirkan

KY Info Penanya: KY
Dok bagaimana cara melancarkan BAB setelah melahirkan normal? Saya terus mengeluarkan gas namun tidak bisa BAB. Apa ini karena saya BAB di closet duduk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KY,

Sulit buang air besar adalah kondisi yang bisa terjadi karena beberapa hal seperti kurang asupan serat, kurang aktivitas fisik, banyak duduk, merasa stres ketika ke toilet, kurang asupan air putih, kebiasaan menahan buang air besar dan juga bisa terjadi ketika hamil terutama jika mengonsumsi suplemen zat besi.

Tanda dan gejala konstipasi

Sulit BAB atau istilahnya sembelit atau konstipasi ditandai dengan gejala:

  • Buang air besar kurang dari 3 kali selama seminggu
  • Buang air besar dengan feses yang keras
  • Perlu upaya ekstra untuk bisa mengeluarkan feses
  • Feses seperti tidak tuntas atau keluar sepenuhnya
  • Rasa kembung atau begah
  • Jika dibiarkan bisa timbul gejala wasir seperti BAB berdarah

Closet sendiri bisa berpengaruh, apabila saat ini menggunakan closet duduk bisa coba tambahkan alas untuk kaki sehingga posisi kaki lebih terangkat. Secara anatomi posisi kaki setengah jongkok akan lebih memudahkan seseorang untuk buang air besar. Tetapi hindari jongkok di closet duduk agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh sampai kerusakan closet.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memperbaiki keseharian, mulai dari asupan makan perlu memperbanyak serat seperti dari sayur dan buah, aktivitas fisik, memperbanyak asupan cairan, dan juga bisa mengonsumsi obat pencahar sesekali seperti minum sirup laktulosa.

Jika tidak ada perbaikan dan juga timbul gejala wasir maka sebaiknya segera periksakan diri pada dokter untuk diberikan penanganan sambil tetap memperbaiki kesehariannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat gerakan shalat sangat baik untuk kesehatan tubuh

Menakjubkan, Ini 8 Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan

Manfaat gerakan shalat membuat aliran darah lebih lancar, persendian kian sehat, bahkan kemampuan kognitif otak terjaga.