Sakit tenggorokan, apakah termasuk gejala covid?

PS Info Penanya: PS, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi dok. Sudah 2 bulan terakhir ini saya merasakan ada yang mengganjal di tenggorokan. Tapi tidak sakit tidak juga sesak nafas. Namun kalo menelan saja yang agak terasa susah. Tapi tidak terasasetiap hari. Terasa nya itu saat saya mendengar kalo gejala covid ada yg seperti itu selalu terasa lagi. Saya takutnya itu merupakan gejala covid. Apakah boleh saya tahu sakit tenggorokan yg merupakan gejala covid otu yg seperti apa? Dan apakah yg saya alami itu termasuk atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PS,

Sakit tenggorokan adalah keluhan yang bisa timbul karena banyak kemungkinan penyebab, tidak selalu karena covid-19. Beberapa diantaranya seperti radang tenggorokan, reaksi alergi, infeksi saluran napas, iritasi akibat makanan atau minuman tertentu, kebiasaan merokok, masalah pencernaan seperti penyakit asam lambung, maag, GERD dan lainnya.

Jika menelan lebih sulit, juga bisa disebabkan oleh radang amandel terlebih jika kelenjar amandelnya sudah cukup membesar. Apabila saat ini merasakan nyeri menelan dan sering kali kambuh, perlu perhatikan apa yang memicunya.

Cara mengatasi sakit tenggorokan

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri tenggorokan diantaranya:

  • Upayakan memperbaiki pola makan
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari makanan berminyak atau yang mengandung penyedap rasa
  • Batasi minuman manis
  • Hindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Bisa juga berkumur dengan obat kumur atau air garam hangat
  • Mengonsumsi permen pelega tenggorokan
  • Minum pereda nyeri seperti parasetamol

Nyeri tenggorokan sendiri pada covid tidak memiliki ciri khusus, tapi bisa disertai kehilangan indera pengecap dan indera penciuman. Dan untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan screening infeksi corona virus baik dengan pemeriksaan rapid test ataupun pemeriksaan lain sesuai indikasi.

Jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan social distancing. Gunakan masker jika bepergian. Jika batuk gunakan masker juga dirumah dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macam-macam virus, seperti corona, dapat menjangkiti manusia

Tak hanya Corona, Ini Macam-Macam Virus yang Berbahaya bagi Manusia

Selain virus corona, macam-macam virus yang harus Anda waspadai, yakni HIV, dengue, rotavirus, hepatitis, maupun virus lain yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.