Telapak tangan selalu berkeringat apakah ciri penyakit jantung?

LM Info Penanya: LM, Pria, 38 Tahun
akhir2 ini pergelangan tangan saya mulai dari atas sampi telapak tangan selalu kerinhat walau sy gk melakukan apa2,dan kadang kala tiba2 dada sy sangat sakit,dan rahang saya tiba2 keram...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LM,

Keringat pada tangan adalah keluhan yang bisa timbul karena bebeberapa penyebab seperti aktivitas fisik, suhu lingkungan yang panas, kelenjar keringat yang terlalu aktif dan lainnya, jadi tidak selalu karena ciri dari penyakit jantung.

Apabila terjadi produksi berlebih dari kelenjar keringat maka bisa dilakukan beberapa cara untuk mengatasinya baik dengan pemberian obat, penggunaan antiperspirant ataupun tindakan medis seperti suntik botox atau pengangkatan kelenjar keringat untuk menghilangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif tersebut.

Jika ada dada yang sakit dan rahang keram juga bisa dipicu oleh gangguan otot dan gangguan lain seperti asam lambung. Jadi alangkah baiknya untuk bisa memeriksakan diri sehingga bisa diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti lab darah, pemeriksaan rekam jantung ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Jaga kondisi tubuh dengan perhatikan pola makan, jangan terlambat atau melewatkan waktu makan, perbanyak minum air putih dan olahraga secara teratur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya telapak tangan berkeringat, hiperhidrosis juga bisa menyebabkan keringat berlebih pada ketiak maupun telapak kaki

Telapak tangan Berkeringat, Benarkah Pertanda Gangguan Kesehatan?

Telapak tangan berkeringat seringkali membuat salah tingkah ketika harus bersalaman dengan orang lain. Kondisi ini juga bisa membuat cemas karena sering dikatakan sebagai gejala sakit jantung. Benarkah demikian?