Ciri-ciri wanita menopause

KZ Info Penanya: KZ, Pria
Selamat pagi dok,istri sy sudah menopause setahun yg lalu.kemarin dia berobat bekam,karena dirasa masuk angin..kemudian malamnya keluar darah ngeplek seperti mau haid..Terus akhirnya makin banyak seperti darah haid...bagaimana ini dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang K,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Menopause adalah bagian dari proses penuaan yang akan dialami oleh semua wanita. Namun, setiap wanita mengalaminya berbeda-beda pada setiap usia. Biasanya pada rentang usia 40-45 tahun.

Gejala menopause dapat berupa:

  • Mudah lelah
  • Sulit tidur
  • Mudah marah
  • Mood yang berubah
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Barat badan yang bertambah

Terapi bekam sendiri merupakan suatu terapi alternatif yang dinilai bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan bahkan dapat membuang darah kotor. Namun, tetap harus diwaspadai efek sampingnya. Efek samping terapi bekam berupa luka sayatan, luka bakar, pusing, penularan virus hepatitis, dan perdarahan di otak.

Untuk itu, Anda dapat segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis obsgyn terkait keluhan istri Anda ini. Jika dibiarkan, dikhawatirkan istri Anda akan mengalami perdarahan dan lemas akibat kekurangan darah (anemia). Anda juga bisa memberikan vitamin penambah darah untuk istri Anda.

Salam sehat,

Dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SB
19 Nov 2019, 17:30
membantu
Dibalas oleh L
20 Nov 2019, 11:41
Sangat informatif, terima kasih dokter.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi hanya bisa diminimalisis dengan bantuan perugas medis profesional

Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Mengakhiri kehamilan adalah keputusan besar yang akan memengaruhi kondisi emosional dan psikologis seseorang. Menggugurkan kandungan juga memiliki berbagai risiko bagi kesehatan. Sebelum memutuskan untuk melakukannya, penting bagi tiap wanita untuk mengetahui hukum dan bahaya aborsi.