05 Oct 2020, 10:45Kandungan

Ciri-ciri positif hamil

AH
Info Penanya: AH, Wanita, 22 Tahun
Selamat siang dok, saya wanita usia 22 tahun, saya berhubungan dg pasangan saya tgl 19 dan 20 September. Saya memiliki siklus haid tidak teratur. Lalu, untuk bulan September saya telat haid yang seharusnya saya haid tgl 17 menurut perkiraan, tetapi telat seminggu. Dan sekitar tanggal tsb saya mengalami mual, mudah mengantuk, kelelahan, sering kencing, kram perut hingga punggung sakitnya. Namun saya testpack negatif, dan kemudian saya haid tgl 24. Apa mungkin saya hamil? Krn ciri nya mirip semua
712 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AH,Tanda-tanda kehamilan yang bisa timbul diantaranya adalah terlambat menstruasi, mual dan muntah, rasa tidak nyaman di payudara, kram pada perut, mudah lelah, dan juga bisa terdapat flek atau bercak darah. Tanda hamil ini memiliki gejala yang juga mirip dengan gejala premenstruasi sindrom atau PMS, tidak jarang sering kali mengecoh mengira terjadi kehamilan tetapi berikutnya timbul menstruasi.Apabila sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif lalu timbul menstruasi maka gejala-gejala yang timbul adalah merupakan gejala menstruasi dan bukan merupakan tanda kehamilan. Jika siklus menstruasi tidak teratur dapat merupakan tanda adanya masalah pada organ reproduksi yang juga bisa mengganggu kesuburan ataupun mengganggu peluang untuk hamil.

Penyebab siklus menstruasi terganggu

Beberapa penyebab siklus menstruasi tidak teratur sendiri diantaranya adalah:
  • Gangguan hormonal
  • Stres
  • Kelelahan
  • Aktivitas fisik berat
  • Berat badan yang terlalu gemuk, terlalu kurus ataupun penurunan berat badan yang drastis
  • Gangguan organ reproduksi seperti kista, sindrom polikistik ovarium, polip 
  • Penyebab lainnya
Ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan apabila sering kali mengalami gangguan siklus menstruasi ataupun jika belum juga mendapatkan kehamilan agar dipastikan apa penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil