11 Feb 2021, 14:57Penyakit Lainnya

Apakah pasien OTG corona dapat memberikan sesuatu ciri khas ?

YA
Info Penanya: YA0
Selamat sore Saya per tanggal 27 jan dinyatakan positif dari antigen &tgl 30 jan dinyatakana positif dari pcr. Saya sudah melakukan isoman sudah hampir 14 hari, selama saya isoman saya tidak bergejala covid pada umumnya, saya mau tanya adakah ciri khas pasien OTG yang sudah sembuh dari covid,kalau ada seperti apa cirinya? Soalnya nanti tgl 13 feb saya mau tes PCR tapi saya takut masih positif karena saya dari awal-sekarang kondisi badan stabil sehingga tidak bisa ukur kondisi keadaan badan saya.
3957 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Y.Pandemi virus corona yang lebih dari 1 tahun, dimana akhir dari perjalanan panjang virus corona yang masih belum diketahui secara pasti, membuat manusia harus hidup bedampingan dengan virus corona, dan selalu menjaga kesehatan agar virus tidak menginfeksi tubuh serta menimbulkan komplikasi. 

Apakah pasien OTG corona dapat memberikan sesuatu ciri khas ?

Istilah lama yang digunakan pada pasien terinfeksi virus corona namun tidak menimbulkan gejala disebut dengan OTG (orang tanpa gejala) dimana pasien dapat menularkan orang lain walau tubuh terasa sehat. Pasien dengan OTG sebaiknya melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, karena diharapkan dengan isolasi mandiri, jumlah virus jauh berkurang sehingga tidak dapat menularkan orang lain. Pasien OTG tidak menunjukkan suatu ciri khas, sehingga banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya terinfeksi virus corona. Untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus atau tidak, dengan melakukan pemeriksaan swab antigen atau swab PCR.

Apakah pasien OTG corona dapat menunjukkan hasil swab PCR positif kembali ?

Pasien OTG virus corona yang sudah melakukan isolasi mandiri dapat menunjukkan hasil PCR yang masih positif karena virus masih ada di dalam tubuh walau dalam jumlah yang relatif kecil. Hal ini juga dapat terjadi pada pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari virus corona. Sehingga pasien yang OTG tidak perlu melakukan swab PCR kembali. Swab PCR ulang dapat dilakukan pada pasien virus corona yang bergejala dan mengalami komplikasi seperti sesak nafas.Tetap jaga imun tubuh, minum air putih yang cukup, minum suplemen vitamin, makan tinggi gizi, buah dan sayur, lakukan olahraga secara rutin, dan jalankan protokol kesehatan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil