Ciri-ciri kekurangan gizi

SN Info Penanya: SN
Selamat malam dok, anak saya masih berumur 1 tahun 9 bulan berat badannya 8,3kg. Yang sampai saat ini takut pada nasi dan sama sekali tidak pernah makan nasi.... Dia hanya sering makan mie , makanan ringan, dan masih menyusui.... Bagaimana solusinya dok, agar anak saya gizinya tetap seimbang???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Berat badan ideal untuk anak usia 1 tahun bulan adalah kisaran 9.5 kg – 11.9 kg. Jika dibawah itu, dapat dikatakan anak berada dalam underweight (berat badan kurang dari normal). Yang ditakutkan adalah Anak mengalami kekurangan gizi. Tanda-tanda anak kurang gizi adalah: berat badan dan tinggi badan sulit bertambah, kelelahan dan mudah marah, sulit untuk konsentrasi, rentan dengan sakit, kulit dan rambut kering, pipi dan mata cekung, masalah pencernaan, luka lebih sulit sembuh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti cemilan anak Anda dengan yogurt, anggur, buncis, popcorn, wortel, kacang kulit atau pistachio, kacang almond, sereal gandum utuh, buah plum kering.  Lalu, Anda bisa mencoba menyajikan nasi dalam bentuk yang unik sehingga menarik perhatian anak, seperti berbentuk boneka, karakter hewan, pohon dll.

Jika tidak ada peningkatan berat badan, saya sarankan untuk Anda berkonsultasi ke klinik tumbuh kembang anak agar dapat ditatalaksana lebih lanjut atau konsultasi ke dokter anak  untuk mengetahui status gizi anak Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercerita dan mencari hiburan berguna untuk menghindari stress dalam mengasuh anak

Stress Parenting: Bentuk Ketidaksabaran yang Merusak Hubungan Orangtua dan Anak

Stress parenting umum dialami oleh orang tua yang memiliki anak yang tempramental dan anak yang masih kecil. Jaga kesabaran dan jangan lakukan kekerasan pada anak.