Check up pra nikah

AK Info Penanya: AK, Pria, 27 Tahun
Dear Dokter, 2012 saya terkena penyakit hepatitis, bulan depan saya akan menikah. Ada kekhawatiran mengenai penyakit hepatitis yang sebelumnya karena takut menular ke istri dan anak saya nantinya. Apakah penyakit itu masih ada atau tidak, kemudian tindakan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih, Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak AKS,

Sayang sekali bapak tidak menjelaskan secara lengap, jenis penyakit hepatitis yang pernah Bapak derita. Karena penyebab dan penyembuhan setiap jenis hepatitis dapat berbeda. Contohnya untuk Hepatitis A yang disebabkan karena infeksi melalui makanan seperti dari makanan laut (seafood), setelah diobati secara adekuat maka penyakti akan sembuh sempurna dan tidak menular dari penderita ke orang lain.

Jenis hepatitis lainnya selain hepatitis A, yang mungkin Bapak maksudkan karena dapat menular lewat cairan tubuh dan tali pusat dengan komplikasi yang lebih berat. Untuk itu sebaiknya Bapak mengunjungi LabKlinik terdekat yang menyediakan paket pemeriksaan khusus untuk pasangan yang akan menikah atau dikenal sebagai Paket Check Up Pra Nikah.

Secara garis besar yang akan diperiksa pada check up pra nikah adalah :

  • Yang berhubungan dengan penyakit hepatitis B,
  • Penyakit keturunan
  • Kencing manis
  • Golongan darah dan Rhesus
  • Ada tidaknya penyakit menular sexual

Waktu yang ideal untuk melakukan pemeriksaan adalah enam bulan sebelum menikah karena bila ditemukan kelainan maka waktu untuk konseling dan pengobatan sebelum menikah masih ada.

Tapi waktu ini tidak dibatasi dengan pasti, bila saat ini Bapak dengan maksud baik mau melakukan check up pra nikah ini, maka sebaiknya segera disampaikan ke calon pasangan Bapak supaya dapat dipertimbangakan.

Semoga rencana pernikahan berjalan dengan lancar, dan berbahagia selamanya untuk Bapak dan pasangan.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)