21 Jan 2021, 20:59Psikologi

Bagaimana cara mengatasi rasa cemas sehingga takut mati ?

DS
Info Penanya: DS, Wanita, 25 Tahun
Malam dok... Akhir2 inj saya merasa cemas akan takut kematian.. mungkin karna banyak nya bencana saat ini... Saya merasakan takut jantung berdebar dan gelisah sampai terkadang menangis dok.. bagaimana cara mengatasi rasa gelisah ya dok... Terima kasih
415 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, D.Rasa cemas adalah sesuatu hal yang wajar terjadi, terlebih dunia sedang dirundung pandemi virus corona, terutama Indonesia yang mengalami banyak bencana, mulai dari kecelakaan pesawat, tanah longsor, banjir, dan gempa. Hal ini membuat rasa cemas akan datangnya kematian, penyakit, maupun bencana susulan.

Apayang dimaksud dengan gangguan cemas berlebih ?

Rasa cemas yang berlebihan dimana rasa cemas membuat seseorang menjadi tidak dapat beraktifitas, diikuti gejala lainnya seperti detak jantung terasa semakin cepat, nyeri dan berat di dada, nafas terengah-engah, keringat bercucuran, takut akan keluar rumah, gelisah, sulit tidur, hingga menangis tanpa ada alasan yang jelas, dimana keluhan ini berlangsung lebih dari 6 bulan, harus segera mendapatkan terapi secara menyeluruh.

Bagaimana cara mengatasi rasa cemas sehingga takut mati ?

Cara mengatasi rasa cemas sehingga takut mati antara lain :
  • Berpikir secara positif, bahwa kematian pasti akan datang kepada siapa saja, yang terpenting adalah persiapan yang akan dibawa. Kehidupan juga harus tetap dijalani dengan baik.
  • Tarik nafas yang dalam, keluarkan secara perlahan, penjamkan mata dan segera duduk atau berbaring ketika rasa cemas muncul.
  • Latih pernafasan dengan yoga atau berenang.
  • Sibukkan diri dengan kegiaan yang positif dan berlibur bersama keluarga.
  • Caritakan setiap masalah kepada orang yang dipercaya.
Jika keluhan rasa cemas tetap menghampiri Anda, bahkan takut akan kematian, sehingga Anda sulit melakukan aktifitas, sulit berkonsentrasi, maka segera konsultasi bersama dokter spesialis kejiwaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
post traumatic stress disorder (PTSD)gangguan kecemasangangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil