29 Nov 2020, 14:35Psikologi

Cemas dan overthinking

VK
Info Penanya: VK, Wanita, 15 Tahun
Dok, saya remaja berumur 15 tahun. Saya sangat emosional dan perasa, mudah sedih, nangis dan merasa sendirian. Saya sering merasa cemas tiba tiba, pada hal yang belum terjadi atau akan terjadi (presentasi) saya kadang berpikir dan merasa bahwa orang terdekat saya benci terhadap saya, saya juga gampang 'ke trigger' dengan hal hal kecil, moodswing saya cukup parah, dan suka merasa orang paling buruk dan menyedihkan, itu kira kira kenapa dan bagaimana solusi nya ya dok?
311 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore V,Beban pikiran adalah salah satu penyebab timbulnya masalah psikologis pada diri. Kondisi stres ini bisa membuat seseorang mengalami sejumlah perubahan pada dirinya seperti merasa lebih emosional, merasa mudah cemas, lebih mudah terjadi perubahan suasana hati, merasa sedih berlebihan, sampai bisa mengganggu aktivitas sehari-harinya.

Masalah psikologis cemas dan depresi

Jika dibiarkan atau tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan masalah psikologis yang lebih berat seperti misalnya terjadi depresi, gangguan kecemasan ataupun masalah psikologis lain. Depresi sendiri adalah kondisi yang tidak boleh disepelekan. Beberapa gejala depresi sendiri diantaranya:
  • Menarik diri dari pergaulan
  • Merasa sedih yang berkepanjangan
  • Merasa tidak berharga
  • Mengalami gangguan tidur
  • Merasa tidak diniginkan
  • Kehilangan minta untuk melakukan aktivitas
  • Menjadi emosional
  • Timbul keinginan menyakiti diri 
Jika seperti merasa seperti demikian, ceritakan masalah ini pada orang tua ataupun orang yang dipercaya agar bisa berbagi beban. Upayakan mengalihkan pikiran pada hal yang lebih positif, lakukan olahraga rutin, coba bersosialisasi atau mencari kegiatan baru.Jika masih sulit mengatasi beban pikirannya, minta orang tua untuk mengantar berkonsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater agar dilakukan evaluasi dan penanganan untuk masalah yang dialami. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
depresigangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil