Khawatir berlebih pada usia remaja

VL Info Penanya: VL, Wanita, 17 Tahun
Dok aku mau tanya kenapa ya dari kecil sering banget khawatir berlebih tanpa alasan terus panik sampe sesak napas, tangan gemetar, terus pusing terakhir kali waktu lagi tanding, ditengah lapangan tiba2 kayak panik gitu tapi aku berusaha buat jangan panik gimanapun caranya sampe akhir pertandingan tanganku gemetar terus sesak napas sampe dada sakit akhirnya pingsan terus masuk UGD. Katanya karena dehidrasi tapi kenapa bisa sesak napas gitu aku ga punya asma juga padahal. Kenapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VL.

Rasa khawatir berlebih pada usia remaja cukup sering terjadi, karena adanya perubahan hormon dari masa anak-anak ke masa dewasa. Seseorang dengan rasa khawatir berlebih sering merasa jantung berdetak lebih cepat, gemetar, sesak napas (walaupun tidak memiliki riwayat asma), mual, dan gemetar. Tetapi, seiring bertambahnya usia, rasa khawatir berlebih ini biasanya berkurang hingga berangsur-angsur menghilang. 

Apabila rasa khawatir berlebih tak kunjung menghilang walau sudah dewasa, bisa jadi ini semata-mata bukan karena hormon, melainkan memang ada gangguan kejiwaan. Gangguan kejiwaan yang memiliki ciri-ciri di atas adalah gangguan kecemasan, yang membutuhkan penanganan psikolog atau psikiater lebih lanjut.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba untuk menarik napas panjang apabila merasa khawatir berlebih. Selain itu, melakukan olahraga yoga atau meditasi secara rutin membantu mengurangi rasa khawatir. Anda juga bisa bercerita kepada sahabat dekat, saudara kandung, ataupun orangtua untuk meringankan beban pikiran.

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosopagnosia membuat penderitanya tidak mampu mengenali wajah orang

Prosopagnosia: Penyakit Kebutaan Wajah Langka yang Dialami Brad Pitt

Anda sering dicap teman dan keluarga sebagai orang yang sombong karena Anda tidak pernah ingat wajah mereka. Bila iya, Anda kemungkinan besar mengidap penyakit langka bernama prosopagnosia. Apakah sebenarnya penyakit ini?