26 Nov 2020, 23:42Pernapasan

Apa penyebab dan gejala asma?

FA
Info Penanya: FA0
Selamat Malam, dok. Mau tanya. Sebelumnya, saya itu mempunyai riwayat penyakit asma dari Ibu saya. Tapi, saya merasa aneh dengan pernapasan saya sekarang ini. Biasanya kalo asma saya kumat bertahap dulu. Dimulai dari demam, pilek, bersin2, batuk, udh gitu asma. Nah, tapi sekarang beda. Saya merasa tidak pilek tidak bersin2, tapi iyh badan sy ngerasa anget, trus dada sy ky keteken gitu pernapasan nya bunyi "ngik ngik ngik." Apakah saya terpapar?? Memang sih sy blm test rapid atau apalah itu.
325 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Semalat malam RA,Saya akan menjawab pertanyaan Anda.Kekhawatiran yang Anda alami wajar di tengah kondisi pandemi. Karena gejala dari virus corona belum spesifik dan bermacam-macam tiap individu, membuat kita harus lebih waspada karena siapa saja bisa terpapar dan dapat menularkan.

Penyebab asma

Penyebab asma adalah peradangan serta penyempitan saluran nafas sehingga menghasilkan suara "ngik" saat mengeluarkan nafas. Asma dicetuskan oleh bebrapa faktor namun berbeda-beda tiap orang, yaitu debu, bulu binatang, udara, asap rokok, makanan, atau obat-obatan.

Gejala asma

Gejala asma antara lain :
  • Kesulitan bernafas terutama saat mengeluarkan nafas
  • Dada terasa sesak
  • Keluar bunyi "ngik" saat bernafas
  • Dapat disertai batuk
  • Ada pencetus asma

Pengobatan asma

Pengobatan asma adalah dengan menghindari pencetusnya. Selain itu dokter juga dapat memberikan obat untuk serangan asma berupa uap, dan obat untuk pengontrol asma. Anda juga sebaiknya mempunyai obat uap atau inhaler sendiri untuk berjaga-jaga jika serangan asma datang di tengah makam atau dini hari.Selain asma, gejala yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Gejala yang dirasakan hampir mirip dengan asma. Namun pada PPOK tidak ada riwayat asma dan alergi sebelumnya. PPOK dapat diakibatkan oleh konsumsi rokok dalam waktu yang lama, atau terpapar asap rokok secara terus menerus.Jika Anda mengalami sesak dan ada riwayat kontak dengan penderita virus corona sebelumnya, anak dapat melakukan tes swab untuk hasil pemeriksaan yang lebih akurat.Tetap gunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak minima 1 meter, dan biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
asmasesak napasppok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil