cek kesuburan

JM Info Penanya: JM, Wanita, 19 Tahun
Cek kesuburan agar cepat hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JM,

Agar cepat hamil perlu diketahui beberapa faktor pendukung seperti salah satunya adalah masa subur, dimana pada masa ini sedang terjadi pematangan sel telur dan membuat lebih mudah untuk dibuahi oleh sel sperma. Untuk mengetahui masa subur pada wanita dapat dilakukan melalui beberapa metode seperti:

  • Menggunakan metode kalender dengan mengikuti siklus menstruasi
  • Menggunakan tanda alami tubuh seperti lendir serviks dan suhu basal
  • Menggunakan alat penanda ovulasi yang menggunakan perubahan peningkatan hormon saat masa subur datang

Sedangkan untuk mengetahui kesuburan seseorang yang dilakukan adalah tes kesuburan wanita dimana tes kesuburan sendiri dilakukan beberapa tes seperti papsmear, tes urine, tes darah, pengecekan dengan pemindaian seperti USG ataupun pemeriksaan radiologi lainnya. Apabila nantinya sudah menikah dan lebih dari 1 tahun berhubungan intim secara rutin tetapi belum juga hamil sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk mencari penyebabnya dan dilakukan penanganan untuk mempersiapkan program hamil yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jantung berdebar saat hamil diakibatkan jantung bekerja sangat keras pada masa pertumbuhan janin

Berbahayakah Jantung Berdebar Saat Hamil?

Jantung berdebar-debar pada saat kehamilan merupakan hal normal. Hal ini disebabkan oleh peningkatan volume aliran darah seiring dengan pertumbuhan janin. Namun, jantung berdebar saat kehamilan dapat menjadi ciri kondisi tertentu.