Cek hasil lab TSHs dan FT4 pada anak

AA Info Penanya: AA
Dok anak sy cek darah untuk imonoserologi dan hasil nya TSHs 0.476Aulu/ml dan FT4 = 7,76 pmol/L itu klo hasil ny itu apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Pemeriksaan laboratorium darah yang dilakukan adalah untuk menilai kadar hormon tiroid pada anak Anda dimana pada hormon tiroid merupakan salah satu hormon penting yang jika mengalami gangguan bisa menimbulkan sejumlah gangguan seperti penurunan berat badan, jantung berdebar cepat, gangguan hormonal pada wanita, pada anak juga bisa berpengaruh pada tumbuh kembang, sering gemetaran dan beragam gejala lainnya. 

Gangguan hormon tiroid sendiri dapat berupa peningkatan kadar hormon akibat produksi yang berlebihan, ataupun kadar hormon tiroid yang dibawah normal. 

Pada pemeriksaan yang dilakukan didapatkan hasil TSH dan FT4 dimana pemeriksaan hormon tiroid juga bisa menilai komponen lain seperti T3, FT3, T4. Bisa juga dilakukan pemeriksaan USG. Nilai normal masing-masing komponen sendiri seperti berikut:

  • Nilai T3 normal 80-180 pg/ml
  • Nilai FT3 normal 230-619 pg/ml
  • Nilai T4 normal 4,6-12 ng/dl
  • Nilai FT4 0,7-1,9 ng/dl
  • Nilai TSH normal 0,5-6 ulU/ml

Untuk itu dikarenakan ada peningkatan pada salah satu komponen dari hormon tiroid, perlu kembali berkonsultasi pada dokter yang menangani anak Anda untuk ditegakkan diagnosa apa yang menjadi kondisinya. Peningkatan dari FT4 sendiri bisa terjadi karena hipertiroidisme, tiroiditis, gangguan kelenjar pituitari dan lainnya. 

Nantinya penanganan sendiri akan disesuaikan dengan kondisinya, baik dengan pemberian obat, terapi radiologi, ataupun kemungkinan pengangkatan dari kelenjar tiroid jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.