Cegukan sudah 3 hari engga berhenti henti.

E2 Info Penanya: E2, Pria
Saya cegukan sudah 3hari engga berhenti henti selama 3 hari sudah air hangat berhenti cegukan cuma beberapa menit, cegukan lagi, kadang kadang lagi cegukan engga bisa napas sebentar beberapa detik bisa napas lagi, Dok ini kenapa saya apa saya ada penyakit / apa ?Cara untuk tidak cegukan lagi gimana dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi E,

Cegukan merupakan gerakan yang tidak disadari akibat kontraksi otot diafragma yang merupakan sekat antara rongga dada dan rongga perut. Cegukan ini dapat berlangsung selama beberapa menit yang dapat hilang dengan sendirinya atau akan berlangsung berhari-hari hingga berminggu-minggu yang membutuhkan penanganan dokter saraf. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang cegukan seperti minum minuman bersoda, alkohol, mengunyah permen karet sehingga banyak udara yang masuk, stres yang berlebihan, gangguan sistem saraf, gangguan metabolisme seperti pada penderita diabetes, makan dengan terburu-buru.

Beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi cegukan adalah dengan cara :

  1. Menarik napas dalam-dalam dan menahannya beberapa detik, setelah itu hembuskan napas seperti biasa, lakukan ini beberapa kali.
  2. Hindari minuman bersoda, alkohol.
  3. Hindari makanan yang mengandung banyak gas seperti kol, santan, durian, ubi-ubian.
  4. Bernapas menggunakan kantong dari kertas.
  5. Minum satu gelas air secara cepat.

Bila cegukan berlangsung terus menerus dan lebih dari 48 jam, maka perlu segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut seperti peresepan obat yang dapat membantu relaksasi otot diafragma.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cegukan terus-menerus bisa tidak berhenti selama beberapa hari

Kondisi di Balik Cegukan Terus-Menerus, Bisakah Disembuhkan?

Cegukan terus-menerus adalah cegukan yang tidak berhenti selama berhari-hari. Dalam kasus ekstrem, cegukan bisa berlangsung berbulan-bulan. Cegukan kronis seperti ini bisa menjadi gejala dari suatu gangguan kesehatan sekaligus dapat menimbulkan masalah kesehatan.