Cedera tulang belakang karena jatuh dari ketinggian, bagaimana mengatasinya?

RF Info Penanya: RF, Wanita, 20 Tahun
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya, saya sudah mengalami kesemutan ini lama dari semenjak 5 tahun terakhir saya kecelakaan. Setiap saya jongkok hampir 10 menit, saya selalu mati rasa di kaki, dan saat kaki saya ditekuk barang 30 menit saya mengalami kesemutan. Riwayat, pernah jatuh dari ketinggian 13 meter, dan mengakibatkan tulang belakang bermasalah, bengkok,akhirnya saya ke panti pijat untuk membuat tulang belakang kembali normal.Kebiasaan apa yang harus dibangun agar kesemutan hilang,dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RF,

Rasa kesemutan atau parasthesia merupakan kondisi yang bisa timbul karena sejumlah penyebab, seperti adanya gangguan pada saraf akibat tekanan, cedera tulang belakang, gangguan saraf akibat penyakit lain seperti stroke, diabetes, gangguan pembuluh darah dan lainnya.

Jika pernah mengalami riwayat trauma seperti terjatuh dari ketinggian dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter spesialis saraf atau pada dokter spesialis orthopedi.

Nantinya akan dilakukan sejumlah tes dan pemeriksaan seperti:

  • Wawancara medis
  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen, pemindaian dengan MRI, EMG
  • Pemeriksaan lainnya yang diperlukan

Penanganan juga dapat dilakukan dengan pemberian obat dan suplemen untuk mengurangi rasa kesemutan yang timbul dan juga penanganan dengan operasi dan fisioterapi jika diperlukan. 

Jika ada nyeri sementara bisa konsumsi parasetamol dan vitamin B kompleks untuk mengurangi gejala yang timbul.

Apabila ada gangguan seperti gangguan buang air kecil, kaki yang tampak lebih tinggi satu sisi, otot seperti kecil sebelah dan juga tulang yang tampak bengkok maka perlu segera mendapatkan pemerikaan agar tidak bertambah berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aktivitas keseharian dapat terganggu oleh penyakit kelainan pada sistem gerak

Kenali Berbagai Kelainan pada Sistem Gerak Manusia

Kelainan pada sistem gerak bisa berupa adanya gerakan yang dilakukan secara berulang dan tidak disadari sampai ketidakseimbangan pada tubuh. Salah satu dari beberapa kelainan pada sistem gerak manusia yang sering dijumpai adalah parkinson, ataksia, dan sebagainya.