Cariocarsinoma atau tumor ganas

R Info Penanya: R, Wanita, 32 Tahun
Dear Dokter, Bulan lalu, kata dokter yang periksa saya, saya mengidap suspec corio ca atau cariocarsinoma, sehingga setiap minggu saya harus kontrol beta hcg. Minggu pertama bHcg saya 1145 kemudian minggu ke-2 bHcg 48 kemudian minggu ke-3 bHcg 21. Pas minggu ke tiga itu saya pendarahan dok, dan jumlahnya banyak. Kira2 apa yang harus saya lakukan ya dok? soalnya dokter saya cuma melihat bHcg aja. Ada perawatan lain ga ya dok seperti operasi atau tindakan lainnya? Mohon informasi dari Dokter, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu Rk,

Coriocarsinoma, adalah tumor ganas yang tumbuh dari sel trofoblast dalam rahim, yang termasuk jenis Penyakit Troblastik Gestasional (PTG), dapat bermetastase ke organ tubuh lain. Coriocarsinoma ini berasal dari jaringan yang mengandung sel trofoblast yaitu lapisan ovum yang sedang tumbuh dan villi plasenta. Kondisi ini termasuk berbahaya karena dapat mengancam jiwa.

Penyakit ini umummnya didahului oleh kondisi hamil anggur (mola hidatidosa), Kehamilan Ektopik Terganggu (KET), abortus atau keguguran dan dapat juga kehamilan yang normal. Sebenarnya, penyakit coriocarsinoma ini adalah penyakit yang jarang terjadi. Namun, saat terjadi, kerap bermetastase atau menyebar ke paru-paru dan otak, dengan gejala batuk darah dan perdarahan otak, atau yang lainnya tergantung organ yang terkena.

Penyakit ini berisiko diderita oleh kelompok orang-orang di bawah ini:

  • Wanita berusia lebih dari 40 tahun
  • Kadar HCG sangat tinggi, lebih dari 100.000 IU/ml
  • Ukuran kista Theca Lutein lebih dari 6 cm

 

 

Untuk mengobati coriocarsinoma, beberapa langkah di bawah ini dapat dilakukan:

  1. Bila dalam kondisi perdarahan, maka akan dilakukan kuretase atau pengeluaran isi kandungan untuk menghentikan perdarahan.
  2. Pada wanita diusia yang sudah tidak produktif dan sudah memiliki cukup anak, umumnya dokter akan menyarankan dilakukannya prosedur histerektomy atau operasi pengangkatan kandungan sebagai langkah pencegahan agar penyakit ini tidak berkembang menjadi kanker atau berubah menjadi ganas.
  3. Rontgen Thoraks (Foto Rontgen dada) untuk melihat ada atau tidaknya penyebaran ke paru-paru.
  4. Mencari apakah ada metastase ke organ lain seperti otak, hati, dan saluran pencernaan, dll.
  5. Melakukan pemeriksaan biopsi untuk menentukan jenis coriokarsinoma.
  6. Pengobatan kemoterapi dapat dilakukan, yaitu dengan pemberian berturut-turut obat yang bernama Methotrexate (MTX), Dactinomycin, Cyclophosphamide secara bersama atau kombinasi akan disesuaikan dengan kondisi pasien oleh Dokter yang merawat.

Setelah pengobatan dan kemoterapi, Ibu perlu rutin kontrol. Jadwal kontrol akan diberikan olej Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang merawat Ibu selama 2 tahun ke depan dan harus Ibu turuti. 

Sebaiknya saat ini dipastikan lebih dulu dengan Dokter yang merawat Ibu, kondisi medis yang Ibu alami saat ini adalah coriocarsinoma atau kondisi lainnya. Ibu juga dapat minta pendapat atau berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan lainnya.

Namun saat ini, saya sarankan agar perdarahan yang ibu alami segera ditangani dan pengobatan harus dapat dilakukan dengan tepat dan cepat untuk mencegah terjadinya komplikasi yang akan disesali. Segera kunjungi Dokter pesialis Kebidanan dan Kandungan, untuk diperiksa dan ditindaklanjuti.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tanda kanker endometrium adalah haid yang tidak teratur

Kenali Sejak Dini Gejala Kanker Rahim Berikut Ini

Sebagian besar kasus kanker rahim terjadi pada lapisan dinding rahim yang dinamakan endometrium. Sehingga, kanker rahim juga sering disebut sebagai kanker endometrium.