Golongan darah orang tua O dan B, apa mungkin anaknya B+ ?

AS Info Penanya: AS
Saya mau nanya dok,kalau orang tua darah O n B.Apakah kemungkinan anaknya bergolongan darah B+Trima ksh sebelumnya dok ats jwbannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AS.

Golongan darah adalah suatu sistem pengelompokan tipe darah yang merunut pada jenis antigen yang ada di permukaan sel darah merah seseorang. Pengertian dari antigen sendiri yaitu suatu substansi yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi untuk melakukan perlawanan.

Adapun pengelompokan golongan darah yang meliputi :

  • golongan darah A, mempunyai antigen A
  • golongan darah B, mempunyai antigen B
  • golongan darah AB, mempunyai antigen A dan B
  • golongan darah O, tidak mempunyai kedua jenis antigen, baik A dan B

Berikut pula sistem rhesus yang mengelompokan kepada dua jenis yaitu rhesus negatif dan positif.

Mengenai pertanyaan Anda, jika orang tua bergolongan darah O dan B maka kemungkinan anaknya akan bergolongan darah O ataupun B juga, dan tidak mungkin memiliki golongan darah A atau AB. Sedangkan untuk sistem rhesus, pada dasarnya hanya menunjukan ada tidaknya jenis protein tertentu dalam tubuh Anda yang jenis protein ini juga dapat diturunkan oleh orang tua. Bagi Anda yang memiliki rhesus positif, umumnya salah satu dari orang tua Anda pun memiliki rhesus yang positif.

Berikut terlampir artikel tentang sistem rhesus darah sebagai informasi tambahan untuk Anda. Keterangan lebih jelas dapat Anda peroleh dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Patologi Klinik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Golongan darah seseorang ditentukan dari gen orangtua mereka

Harus Tahu, Ini Cara Mengetahui Golongan Darah Anda

Cara mengetahui golongan darah dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui ujung jari. Pengecekannya bisa melalui klinik ataupun rumah sakit.