TANYA DOKTER

Cardiac Stress Test Atau Treadmill Test Interpretation

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Jeng Yuliana

Selamat Malam MM,

Cardiac stress test atau treadmill test adalah sebuah test jantung yang mengukur kemampuan jantung berespons pada stress eksternal dalam sebuah lingkup klinis terkontrol. Respons stress diinduksi oleh olahraga atau stimulasi obat-obatan injeksi.

Cardiac stress test membandingkan sirkulasi koroner saat pasien dalam kondisi istirahat dengan sirkulasi pasien selama penggunaan kemampuan jantung maksimum, test ini menunjukkan berbagai aliran darah abnormal ke otot jantung. Hasilnya dapat diinterpretasikan sebagai refleksi keadaan umum fisik pasien yang diuji. Tes ini dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit arteri koroner menilai prognosis pasien setelah serangan jantung.

Inferolateral st depression artinya adanya masalah handaran suplai darah pada pembuluh darah yang mengaliri daerah jantung pada area bagian bawah dan samping.

Penyebab st depresi ini macam-macam sehingga interpretasi hasil treadmill test harus disesuaikan dengan kondisi klinis pasien sehingga tidak boleh sembarangan diinterpretasikan. Alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter spesialis jantung.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top