caranya menambah berat badan

LP Info Penanya: LP, Wanita, 25 Tahun
Selamat malam dokter. Saya mau tanya,, bagaimana caranya menambah berat badan?? Saya sudah mencoba makan banyak tapi badan saya tetap kurus
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LP

Setiap orang ingin menjadikan tubuhnya ideal. sama halnya dengan Anda ingin menambah berat badan. berat badan ideal secara umum dihitung dengan rumus Berat badan = Tinggi badan-110.

Memiliki tubuh terlalu kurus tidak selalu menyenangkan. Hal ini dapat menjadi persoalan jika penyebabnya adalah kekurangan nutrisi atau mengalami penyakit tertentu. Belum lagi, jika memandang kondisi tersebut dapat memburuk saat Anda, khususnya kaum wanita, sedang mengandung. Namun, ada cara sehat yang dapat ditempuh agar Anda dapat menambah berat badan.

  • Rajin Olahraga. dengan Anda rajin olahraga tubuh akan bekerja maksimal kerja organ tubuh, setelah olahraga baiknya konsumsi susu yang bersifat high protein.
  • Istirahat yang cukup. Kurangnya waktu dan kwalitas tidur berpotensi membuat metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Tidur dan bangun tepat waktu dapat membantu menjaga berat badan.
  • Minum saat makan atau 30 menit sesudah makan. Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh kenyang. Sebaliknya, minum di tengah makan atau 30 menit setelahnya, ini akan membuat tubuh dapat menyerap lebih banyak kalori.
  • Banyak makanan yang tinggi protein dan nutrisi. Makanan yang tinggi nutrisi dan protein seperti daging merah, ikan, dan putih telur.
  • Konsumsi buah dan sayuran. Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.

Coba Anda lakukan pola hidup sehat, yang saya jelaskan diatas. jika dalam 2-6 bulan berat badan Anda tidak meningkat. Sebaiknya Anda konsultasikan langsung ke dokter gizi klinik ya. agar di cari tau penyebab berat badan Anda susah naik atau tidak meningkat.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kekurangan nutrisi biasanya berupa munculnya gangguan-gangguan kesehatan

5 Tanda-tanda Kekurangan Nutrisi yang Sering Dijumpai

Asupan nutrisi yang tidak dipenuhi akan mengganggu kesehatan tubuh. Biasanya tubuh akan mengalami tanda-tanda kekurangan nutrisi jika tubuh kekurangan nutrisi misalnya, kekurangab zat besi dapat menyebabkan tubuh mudah letih, lemah, dan lesu.