Cara yang bagus untuk memerah ASI.

ST Info Penanya: ST, Pria, 20 Tahun
dok mending mana merah asi pake tangan atau pake alat pumping kaya spectra, medela, pigeon, mooimom
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ST,

ASI merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi, dan idealnya diberikan minimal dalam jangka waktu 6 bulan yang sering disebut dengan istilah ASI eksklusif. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan ibu tidak bisa langsung memberikan ASInya, seperti kesibukan di kantor yang mengharuskan ibu jauh terpisah dari bayinya. Sehingga seringkali ibu yang sudah bekerja akan tetap memberikan ASI nya dengan cara menyimpannya di botol yang sudah disterilkan.

Cara memerah ASI ini ada beberapa teknik, seperti berikut ini :

  1. Menggunakan pompa elektrik. Kelebihan alat ini sangat mudah digunakan, cukup menempelkan alat dan pompa akan bekerja sendiri, ibu cukup memegang botol dan alat saja. Namun tentunya alat ini memiliki perlengkapan yang lebih banyak dan membutuhkan aliran listrik.
  2. Menggunakan pompa manual. Kelebihan alat ini lebih praktis, dan tidak perlu aliran listrik, namun ibu perlu memompa secara terus menerus, sehingga bisa menimbulkan kelelahan pada tangan.
  3. Manual menggunakan tangan (teknik marmet). Kelebihannya tidak memerlukan alat, dan dapat merasakan payudara sudah benar-benar kosong atau belum. Karena payudara yang menyisakan ASI dapat menimbulkan sumbatan atau peradangan pada payudara. Namun tentunya teknik ini memerlukan kepandaian ibu untuk memijat dan merasakan cara pijatan bagaimana yang efektif mengeluarkan ASI, serta tentunya akan melelahkan tangan.

Semua teknik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan teknik mana yang Anda pilih tergantung pada teknik mana yang membuat Anda merasa nyaman.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Daun katuk dan bayam dipercaya sebagai makanan pelancar ASI

ASI Sulit Keluar? Coba 6 Makanan Pelancar ASI Ini

Daun katuk, bayam, dan beberapa jenis protein tertentu dipercaya sebagai makanan pelancar ASI sekaligus mampu meningkatkan kualitas ASI agar bayi tumbuh gemuk dan sehat.