Cara untuk menghilangkan bekas jerawat seperti apa?

NW Info Penanya: NW, Wanita
Bagaimana menghilangkan bekas jerawat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NW,

Bekas jerawat adalah terbentuknya jaringan kulit yang menjadi menebal atau berubah karakternya sehingga bisa tampak lebih gelap ataupun lebih kasar dari kulit yang normal. Jenis bekas jerawat sendiri ada beragam untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat mulai dari menggunakan obat bebas, bahan alami sampai dengan dilakukan perawatan pada dokter kulit atau dokter kecantikan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat diantaranya:

  • Gunakan bahan alami untuk membantu menyamarkan bekas jerawat menggunakan minyak kelapa, cuka apel, soda kue, lidah buaya ataupun menggunakan tea tree oil. Bahan lain seperti perasan lemon dan kunyit juga bisa membantu mengatasi bekas jerawat
  • Menggunakan krim yang dijual bebas seperti yang memiliki kandungan asam alfa hidroksid, asam salisilat, retinoid dan lainnya
  • Hindari memencet jerawat agar tidak menimbulkan bekas luka

Jika masih kesulitan maka perlu dilakukan pemeriksan pada dokter agar dilakukan tindakan untuk mengatasi bekas jerawat seperti dengan tindakan seperti mikrodermabrasi, chemical peeling ataupun pemeriksaan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang efektif adalah dengan perawatan laser

Ragam Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Ampuh

Ada beragam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa Anda coba, mulai dari yang bisa dilakukan sendiri, hingga dengan perawatan dokter.