11 Sep 2021, 04:28Kandungan

Cara supaya tidak hamil setelah ejakulasi di dalam

DA
Info Penanya: DA0
Dok, mau tanya jika sudah kebablasan mengeluarkan didalam itu cara agar mencegah tidak hamil dengan cara apa ya ? Terima kasih dok
79 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo D,Ejakulasi di dalam vagina terutama saat wanita sedang masa subur, artinya sangat tinggi kemungkinan untuk dapat terjadinya kehamilan. Satu kali ejakulasi normalnya terdapat jutaan sel sperma yang masuk ke dalam vagina dan hanya dibutuhkan 1 sel saja untuk dapat membuahi sel telur dan terjadilah pembuahan.

Mencegah kehamilan setelah hubungan

Cara untuk mencegah kehamilan seharusnya dilakukan sejak sebelum hubungan seksual. Misalnya bisa dilakukan dengan menggunakan kondom maupun pilihan KB lain seperti pil, suntik, implant, dan IUD. Jika sudah terlanjur melakukan hubungan seksual dan ejakulasi di dalam, maka KB terakhir yang dapat menjadi pilihan adalah pill kontrasepsi darurat. Pil ini dapat digunakan hingga maksimal paling lambat 72jam setelah hubungan seksual.Cara kerja obat ini adalah dengan mempersulit penempelan hasil pembuahan sehingga tidak dapat berkembang dan dikeluarkan bersamaan dengan menstruasi. Namun karena mengandung hormon yang cukup besar, pill kontrasepsi darurat memiliki beberapa efek samping salah satunya perdarahan setelah 7hari dari penggunaan obat. Untuk itu, saat ini boleh saja Anda menggunakan obat tersebut namun sebaiknya tidak digunakan terus menerus dan gunakan pilihan KB lain untuk mencegah kehamilan seterusnya. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemilihan KB yang cocok dengan Anda.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil