Cara penyembuhan stroke

IK Info Penanya: IK, Pria, 2019 Tahun
Cara menyembuhkan penyakit setruk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IK,

Stroke merupakan kondisi penurunan kemampuan neurologis yang terjadi mendadak dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak yang disebut stroke iskemik ataupun pecahnya pembuluh darah di otak atau disebut stroke hemoragik. Stroke sendiri meningkat karena beberapa faktor risiko seperti:

  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol
  • Pengobatan dengan obat pengencer darah
  • Kadar lemak darah yang tinggi
  • Pelemahan dinding pembuluh darah
  • Penyakit penyerta lain seperti obesitas, diabetes
  • Kebiasaan merokok
  • Kurang aktivitas fisik
  • Konsumsi alkohol dan obat terlarang

Stroke sendiri dapat menimbulkan gangguan pada tubuh baik terganggunya kemampuan mengontrol anggota tubuh, gangguan kognitif, gangguan kemampuan bahasa, dan gangguan lain tergantung dari lokasi dan berat ringannya serangan stroke yang terjadi. Penanganan akan disesuaikan dengan jenis stroke yang terjadi apakah karena penyumbatan atau karena perdarahan.

Penanganan setelahnya adalah mengembalikan fungsi tubuh agar dapat kembali mampu melakukan aktivitas sehari-hari dan mencegah timbulnya stroke berulang. Beberapa diantaranya adalah dengan cara mengendalikan penyakit pencetus seperti hipertensi dan diabetes, melakukan terapi fisik, terapi wicara dan terapi lain sesuai dengan gejala yang dialami, menjaga pola hidup sehat dan juga melakukan pemeriksaan secara berkala pada dokter spesialis saraf untuk mengetahui kondisi kesehatan secara berkala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung dan kesehatan mental adalah penyakit yang saling memengaruhi satu sama lain

Hubungan Penyakit Jantung dan Kesehatan Mental Ternyata Sangat Erat

Penyakit jantung dan kesehatan mental ternyata saling memengaruhi satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental berisiko terkena penyakit jantung, begitu juga sebaliknya.