15 Nov 2020, 18:41Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengatasi stretchmark?

SA
Info Penanya: SA0
Selamat malam dok.. Saya mau nanya paha dan payudara saya ada stretch mark padahal umur saya baru berusia 16th.. Pada awal nya hanya ada rasa gatal dan semakin hari semakin kelihatan ada merah merah pada paha dan payudara saya.. Dan saya diamkan bbrpa minggu ini.. Tapi kenapa stretch mark itu makin banyak ya dok? Apakah stretch mark bisa makin melebar dn kemana mana?
358 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaStretch mark adalah garis-garis yang timbul apda permukaan kulit akibat kulit meregang yang berlebihan atau melebihi kemampuan meregangnya kulit pada area tersebut. Strechmark kerap muncul karena kenaikan berat badan yang drastis, kehamilan, atau pada masa pertumbuhan. Kondisi ini sering ditemukan pada paha, perut, lengan, payudara atau bahkan pada bokong. Stetchmark umumnya tidak berbahaya, namun, kondisi ini menyebabkan beberap orang kurang percaya diri karena menggangu penamilannya.

Beberapa cara yang bisa diakukan untuk membantu menyamarkan stretch mark adalah:

  • Gunakan krim pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda
  • Gunakan krim topikal khusus yang berikan oleh dokter
  • Lakukan tindakan eksfoliasi
  • Tindakan mikrodemabrasi
  • Terapi laser
Terkait dengan pertanyaan Anda, strech mark akan semakin banyak bisa terjadi akrena adanya peningkatan berat badan drastis, peningkatan massa otot, atau karena adanya kondisi medis yang lainnya. Tindakan sementara Anda bisa menggunakan krim pelembab untuk melembabkan kulit sehingga membantu menyamarkan stretch mark, namun bila kondisi ini belum membaik sebaiknya lakukan pemeriskaan ke dokter spesialis kulit terdekat agar dokter melakukan pemeriksaan. Sehingga Anda akan mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan konisi Anda.Pastikan Anda menjaga kebersihan tubuh Anda, gunakanlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda, gunakan lotion / pelembab kulit yang mengandung mosturizer, konsumsi buah dan sayur yang baik untuk kulit seperti kiwi / alpukat / tomat dan lain sebagainya, konsumsi makanan bergizi, serta minum air putih yang cukup sesuai dengan kebutuhan cairan harian Anda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
perawatan kulitkesehatan kulitselulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil