Bagaimana menggunakan BPJS daerah untuk melahirkan di luar area terdaftar?

AA Info Penanya: AA, Pria, 1 Tahun
Dok ,istri saya mau lahiran pakai bpjs luar daera ,itu persyaratannya apa ya, apa benar harus urus domisili dulu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

BPJS kesehatan merupakan pengelola Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dimana memiliki manfaat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik sehat ataupun sakit. JKN atau BPJS kesehatan sendiri memiliki beberapa prosedur yang perlu diikuti agar manfaatnya bisa digunakan salah satunya apabila ingin mendapatkan pelayanan persalinan bagi ibu hamil.

Apabila BPJS kesehatan yang dimiliki merupakan BPJS daerah, apabila ingin menggunakan BPJS kesehatan untuk melahirkan di luar daerah dimana BPJS terdaftar maka bisa dilakukan beberapa cara seperti apabila melahirkan masih beberapa bulan kedepan bisa melakukan perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama ke area domisili terutama jika menetap di daerah tersebut dalam waktu lama. Contohnya jika BPJS asal daerah A kemudian akibat bekerja pindah di kota B dan ingin melahirkan di kota B maka bisa memindahkan lokasi terdaftarnya BPJS dengan memilih salah satu fasilitas kesehatan di kota B.

Pemindahan fasilitas BPJS kesehatan sendiri ada beberapa persyaratan seperti misalnya tidak memiliki tunggakan biaya, sudah lebih dari 3 bulan menjadi anggota BPJS kesehatan, pemindahan bisa dilakukan melalu daring dari aplikasi Mobile JKN di smartphone Anda ataupun mendatangi kantor BPJS kesehatan setempat. Dimana nantinya perpindahan faskes baru bisa aktif setiap tanggal 1 di bulan berikutnya.

Apabila BPJS yang dimiliki merupakan BPJS yang PBI atau penerima bantuan iuran dari pemerintah daerah maka untuk prosedurnya bisa ditanyakan detilnya pada call center BPJS kesehatan di nomor 1500 400 atau langsung ke kantor BPJS. Tetapi apabila ada kasus gawat darurat dapat segera ke rumah sakit terdekat untuk ditangani. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum berobat ke tipe rumah sakit tertentu, peserta BPJS harus mendapatkan rujukan dari faskes tingkat 1

4 Tipe Rumah Sakit di Indonesia, Beda Fasilitas dan Pelayanan Medis

Tipe rumah sakit di Indonesia dibedakan menjadi 4 kelompok, bergantung pada jenis pelayanan medisnya. BIla Anda menggunakan BPJS dan ingin mendapatkan pelayanan medis dari rumah sakit tertentu, Anda memerlukan rujukan berjenjang dari masing-masing fasilitas kesehatan.