09 Mar 2021, 13:09Perut

Bagaimana pengobatan demam tipes dan ISK ?

V
Info Penanya: V0
dok saya inigin menanyakan, dari hasil lab anak saya perempuan umur 11 tahun positif tipes dan isk, dan di beri 2 antibiotik, satu tipes dan 1 lagi untuk isk, untuk minum antibiotik ini dijeda bera lama ya dok? terimakasih
199 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, V.Saat anak sakit ibu menjadi cemas dan khawatir terlebih jika anak merasa kesakitan, menjadi rewel dan tidak mau makan. Keluhan yang dialami anak saat sakit bermacam-macam. Keluhan juga dapat diikuti dengan demam yang menandakan bahwa tubuh berkerja melawan infeksi bakteri maupun virus yang menyerang tubuh anak.

Apa yang menyebabkan demam tipes dan ISK pada anak ?

Penyebab demam tipes pada anak berupa infeksi bakteri Salmonella thypy yang menular lewat makanan terkontaminasi. Kebiasaan jajan makanan di pinggir jalan juga memperbesar peluang terjadinya demam tipes. Demam tipes dapat kambuh kembali dalam 1 tahun infeksi karena penurunan imun tubuh. Sehingga pasien yang pernah mengalami tipes harus menjaga imun tubuh, makan bergizi serta istirahat yang cukup.Penyebab infeksi saluran kemih (ISK) pada anak karena letak vagina yang dekat dengan saluran kemih, kebersihan organ intim yang tidak dijaga baik dan sering menahan kencing.

Bagaimana pengobatan demam tipes dan ISK ?

Pengobatan demam tipes dan ISK menggunakan antibiotik. Cara konsumsi antibiotik tergantung dari jenis antibiotik yang dokter berikan. Konsumsi antibiotik minimal selama 5 hari setelah anak makan untuk mengurangi mual dan nyeri ulu hati karena antibiotik. Jika anak Anda diberi 2 antibiotik bisa dikonsumsi bersamaan. Namun dapat juga diberi jarak sekitar 5 hingga 10 menit jika anak tidak merasa nyaman mengkonsumsi antibiotik sekaligus.Yang perlu diingat bahwa antibiotik dapat menimbulkan reaksi alergi. Jadi jika setelah mengkonsumsi antibiotik mata dan bibir menjadi bengkak, badan terasa gatal dan merah, kesulitan bernafas, segera hentikan obat dan bawa anak ke dokter spesialis anak terdekat. Tetap berikan anak makanan bergizi terutama yang mudah dicerna, berikan minum yang cukup dan tambahkan suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
infeksi saluran kemihantibiotikdemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil